Toyota Yaris GR Sport Mengantarkan Haridarma Manoppo Juara Nasional ITCR Max 2021

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 12 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kesuksesan pembalap Toyota Team Indonesia, Haridarma Manoppo, di ajang balap nasional dengan meraih Juara Nasional Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max 2021, tak terlepas dari performa mobil balap Yaris GR Sport.

Hatchback andalan dari PT Toyota Astra Motor ini menjadi senjata utama bagi mereka dalam menaklukan ketatnya persaingan di ajang balap tersebut.

Dalam menopang performanya, Toyota Yaris GR Sport ini sudah dimodifikasi oleh tim untuk bisa mumpuni di setiap perhelatan balap yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Haridarma Manoppo, dalam bincang-bincangnya bersama Liputan6.com, ia menjelaskan bahwa hal tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh performa mesin, tetapi bagian lain seperti suspensi, dan lain-lain juga ikut berkontribusi dalam meningkatkan performa mobil.

“Mesin bukan satu-satunya poin penting, memang di mesin ini sudah dilakukan modifikasi yang sesuai dengan regulasi untuk mendapatkan hasil maksimal. Tapi saya dan tim juga melakukan banyak set up di bagian lain,” buka Haridarma Manoppo, dilansir dari Liputan6.com (10/12/2021).

Berdasarkan regulasinya, sektor mesin dari Toyota Yaris GR Sport tidak boleh menyalahi aturan yang berlaku. Namun, dalam hal modifikasi juga diperbolehkan dalam koridor yang sudah diatur.

Mobil dengan nomor 39 ini masih menggunakan mesin 2NR di mana, mesin tersebut juga digunakan pada mobil Yaris lainnya yang dijual oleh Toyota Indonesia.

Suspensi Juga Ikut Mendukung Performa Yaris GR Sport

Sektor lain yang juga mendapat penyempurnaan untuk memberikan performa maksimal adalah suspensi.

Guna menghasilkan hasil yang maksimal, tim mekanik yang dikomandoi oleh Anton Hudijana, sudah meracik bagian tersebut.

“Suspensi ini kita sudah pakai yang paling bagus. Sangat berbeda sekali dengan suspensi yang sebelumnya kita pakai, dengan begitu kita juga bisa melakukan set up yang paling maksimal dan hasilnya pun juga sangat baik,” tambah Haridarma.

Interior Dipreteli untuk Meringankan Bobot

Tidak hanya bagian mesin dan kaki-kaki, namun untuk komponen interior yang tidak digunakan sepanjang balap terpaksa dieliminasi untuk menghasilkan bobot yang ringan.

Alhasil, jok yang ada di baris depan dan belakang dilepas dan digantikan dengan jok racing di bagian pengemudi. Sementara bagian lainnya, dipasang rollbar yang berfungsi untuk aspek keselamatan sepanjang balapan. (Uli)

loading...