Toyota Eco Youth Mengajak Generasi Milenial Peduli Lingkungan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 10 Agustus 2019

Indolinear.com, Jakarta – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM), meneruskan kegiatan corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kegiatan tersebut diadakan melalu penghargaan Toyota Eco Youth (TEY) ke-11.

Bertemakan ecosociopreneur yang berlokasi di Kemang Village, Jakarta, turut dihadir oleh pelaksana Tugas (PLT), Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI), Didik Suhardi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Helmi Basalamah.

Selain itu, dihadiri juga oleh Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Edward Otto Kanter, Direktur Administration, Corporate, & External Affairs PT TMMIN, Bob Azam, Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto, dan Direktur Finance & Administration PT TAM, Darmawan Widjaja.

“Kami sangat mengapresiasi semangat kepedulian lingkungan yang dituangkan para pelajar dalam berbagai program bertemakan ecosociopreuner,” ujar Edward Otto Kanter, di sela-sela TEY Awarding ke-11, di Kemang Village, dilansir dari Liputan6.com (08/08/2019).

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis melalui produk, teknologi, dan peningkatan layanan purna jual saja, namun juga mempunyai komitmen untuk turut berkontribusi demi terciptanya masyarakat dan lingkungan yang lebih baik.

“Melalui program Toyota Eco Youth, diharapkan dapat menjadi salah satu medium untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, dalam pentingnya upaya pelestarian lingkungan,” tegas Henry.

Daftar Pemenang

Dalam ajang penghargaan TEY Awarding Ke-11 ini, terdapat dua kategori dalam penilaian proyek proposal diantaranya science dan social.

Pada kategori science, juara 1 berhasil diraih oleh SMAN 5 Yogyakarta yang mengangkat tema pemanfaatan ekstrak daun pepaya dan abu kayu sebagai pestisida hama ulat kubis, Juara 2 diperoleh SMK Texar Karawang dengan tema alat pengurai kemacetan, dan Juara 3 diraih oleh SMAN 3 Merauke bertema hydrovolot recycle limbah domestik menjadi energi listrik 900 watt dan sebagai Water Netralisir.

Dalam kategori Social, Juara 1 sukses dicapai oleh SMAN 2 Semarapura (Bali) yang mengangkat tema Film Pendek Komedi Pemilihan Sampah (Filadipisah) Strategi Jitu Menggugah Kesadaran Masyarakat untuk Memilih Sampah Skala Rumah Tangga. Juara 2 diraih oleh SMAN 19 Bandung dengan tema Udunan Sampah, serta Juara 3 diperoleh SMAN 1 Ambon bertema Penerapan Budaya Kalesang Kintal dan Kewang Upaya Pembangunan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah.

Terakhir, pemenang Best of Best TEY Awarding Ke-11 disabet oleh SMAN 5 Yogyakarta, yang juga akan menerima hadiah berupa perjalanan Eco Trip ke Jepang. (Uli)

INDOLINEAR.TV