Toyota Avanza Mendapat Diskon PPnBM Nol Persen, Varian Mana Yang Menarik?

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 2 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Toyota Avanza maupun Veloz masuk ke dalam daftar mobil yang menikmati keringanan PPnBM hingga 0 persen. Maret sampai Mei 2021 merupakan momentum tepat untuk membeli mobil baru, terutama jika ingin digunakan untuk mudik lebaran.

Jika Anda berminat mengambil tipe paling dasar E standar. Saat normal harganya mencapai Rp 200 jutaan. Namun dengan bujet sama, konsumen sekarang bisa mendapat varian lebih tinggi. Sebagai mobil keluarga, disarankan ambil fitur keamanan lebih komplet.

Tentunya ini tawaran yang menarik. Tapi sebelumnya, cek dulu daftar terbaru MPV sejuta umat usai kena potongan pajak, dilansir dari Liputan6.com (31/03/2021).

Toyota Avanza

1.3 E STD M/T: Rp 187,6 juta

1.3 E STD A/T: Rp 197,9 juta

1.3 E M/T: Rp 189,8 juta

1.3 E A/T: Rp 200,2 juta

1.3 G M/T: Rp 206,7 juta

1.3 G A/T: Rp 216,5 juta

Veloz

1.3 M/T: Rp 212,9 juta

1.3 A/T: Rp 223,7 juta

1.5 M/T: Rp 224,3 juta

1.5 A/T: Rp 235,3 juta

Urusan dapur pacu di kedua model, masih menyediakan dua pilihan mesin. Pertama power unit 1.329 cc (1,3 liter) yang memiliki tenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Pilihan mesin kedua berkapasitas 1.496 cc (1,5 liter) 4 silinder. Ia menyuplai tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136,4 Nm pada 4.200 rpm. Kedua mesin ini, baik 1,5 L maupun 1,3 L disediakan dengan dua pilihan transmisi, manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Sebagai penyaluran enerki kinetik. Toyota mengklaim penggerak belakang lebih unggul. Desain pada as roda, sangat kokoh dan kuat. Walaupun sering digunakan di jalanan yang rusak, ia lebih tahan banting. Apalagi saat mobil diajak melahap beragam tanjakan. Pada poin ini, Avanza punya nilai tersendiri, sebagai mobil keluarga. Bahkan TAM masih bangga pada Avanza, yang memakai penggerak roda belakang.

Rekomendasi

Rekomendasi pertama datang dari varian Avanza G AT Rp 216,5 juta OTR Jakarta. Pasalnya unit menyediakan dual SRS airbag, rem ABS, headrest dan seat belt 3-titik di semua jok serta ISOFIX. Kemudian ia punya side impact beam pada rangkanya, untuk meredam benturan samping lebih baik. Urusan hiburan keluarga sudah lebih baik. Ia menggunakan head unit 2DIN. Anda bisa memutar musik lewat DVD, CD, AUX, USB dan Bluetooth. Kelapangannya pun lumayan. Unit memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, wheelbase 2.655 mm dan jarak pijak tanah 200 mm.

Tampilan luar varian G AT juga relatif baik. Dibanding model lawas, ubahan mendasar pada empat lampu headlamp, sebagai ekspresi mobil anyar. Lampu utama bahkan pakai teknologi LED. Tak hanya pada Veloz, namun di semua varian. Velos lama, masih pakai jenis lampu halogen. Lalu yang membedakan tampilan grille, berbentuk trapesium berkelir hitam. Fender dibikin lebar dan menyatu dengan bumper depan tajam. Menurut Toyota, tampilan macam ini yang tengah digandrungi masyarakat.

Jika dana lebih dari itu, bisa meminang Veloz AT Rp 235,3 juta. Selisih hanya Rp 18 jutaan dari tipe G AT. Namun Anda bisa mendapat kelengkapan ekstra. Mulai dari penggunaan pelek 15 inci pakai patahan lima palang dual tone. Kalau bentuk bodi samping, sebetulnya mirip dengan Avanza. Tapi ada side skirt berbeda, dengan sentuhan kromium, biar tambah elegan. Di bagian buritan, Veloz pakai plate chrome di pintu belakang. Dikatakan agar mendukung kesan lebih lebar. Masuki kabin, ia punya balutan cover seat baru. Bahkan stitching berwarna merah yang bikin nuansa kabin lumayan beda. Sementara desain center cluster dan AC control juga mengalami penyegaran. Semua varian Avanza maupun Veloz menggunakan console box yang dilengkapi illumination lamp, power slot (row 1 dan 2) dan USB port (row 3).

Di sektor hiburan, head unit pada semua varian Veloz menggunakan teknologi touchscreen dan steering switch. Menarik, semua trim itu menggunakan sistem audio dengan enam buah speaker. Penting untuk diperhatikan. Head unit, security system back sensor dan outer mirror telah menggunakan integrated system. Jadi pemilik Veloz tak bisa sembarangan mengganti head unit aftermarket. Apalagi, penggantian juga bisa merusak garansi kelistrikan kendaraan.

Veloz juga semakin menarik dibeli lantaran mengantongi fitur immobilizer, plus smart start stop engine button. Perangkat ini sangat membantu Anda menghidupkan mobil. Selain kendaraan makin aman, kepraktisan pun didapat. Agar memberi nilai tambah pada konsumen, ia mendapatkan sejumlah fitur terbaru dibanding model lama. Misalnya smart entry dan desain outer mirror, yang kini ditambah retractable auto folding. Semua varian ini diimbuhi teknologi lampu Follow Me Home Light. Fungsinya memberikan pencahayaan saat malam hari. Setelah mematikan mesin, lampu utama tetap menyala beberapa detik. Jadi bisa membantu pemilik mobil saat memasuki hunian.

Penyegaran juga dilakukan pada bagian rangka dan kaki-kaki. Desain suspensi di Avanza maupun Veloz disempurnakan. Penyesuaian terjadi pada suspensi depan McPerson Strut dan belakang pakai 4 Link Lateral Rod yang dibikin kokoh. Sehingga kendaraan diklaim lebih stabil dan nyaman. Menurut Toyota, racikan baru bisa mereduksi efek bodyroll. Baik G maupun Veloz mengalami ubahan pada electric power steering. Sehingga lebih enak dikendarai baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Dikatakan, saat kecepatan di atas 70 kpj, lingkar kemudi lebih mantap digenggam. Kalau setir model lama tetap terasa ringan, di kecepatan yang sama.

Nilai jual pada G dan Veloz kini lebih senyap dibandingkan pendahulunya. Sebab terjadi improvement pada insulator. Posisi peredam dilekatkan di sasis bagian belakang, floor serta dash panel bagian depan. Saat Anda memasuki kabin, Toyota menjanjikan kekedapan suara yang optimal. Jadi penumpang bisa makin nyaman di dalam.

Fitur keselamatan Veloz sejatinya agak sama dari G AT. Ia tetap dilengkapi dual SRS Airbags, seatbelt with pretensioner & force limiter, ABS (Anti-Lock Braking System). Dan diikuti fitur ISOFIX, 3-points seatbelt, side impact beam dan front passenger seat belt warning. Pada model baru, ditambahkan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), untuk mengoptimalkan pengereman.

Purnajual

Lantas bicara soal layanan purnajual. Toyota sudah banyak makan asam garam. Mereka kerap mendapatkan penghargaan Customer Service Index (CSI) dari J.D.Power Asia Pacific. Kemudian jaringan outlet resmi mereka sangat kuat. Tersedia 329 outlet lebih dari Sabang sampai Merauke, yang siap memberi layanan pada pelanggan. Pemilik Avanza-Veloz bisa sangat terbantu dengan banyaknya lokasi.

TAM juga memiliki banyak layanan. Mulai dari Toyota Mobile Service, Service Point, Express Maintenance, Bengkel 24 jam dan Emergency Road Assistance (ERA). Belum selesai, tersedia pula layanan Gratis Biaya Jasa Servis sampai dengan servis ke-6 (maksimum 4 tahun/50.000 km). Tergantung mana lebih dahulu tercapai.

Kemudian ketersedian suku cadang. Wajar saja jika LMPV ini memiliki onderdil amat melimpah. Baik di bengkel resmi maupun di pasar aftermarket. Pasalnya ia salah satu produk yang penjualannya masif dan paling banyak dalam ekosistem mobil keluarga. Bahkan, selain suku cadang resmi (OEM) Anda bisa menemukan peranti serupa alias imitasi. Itulah poin-poin kenapa trim G dan Veloz lebih layak dibeli. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: