Tokyo Dalam Keadaan Darurat Covid-19, Pameran Obor Olimpiade Tokyo Ditunda

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 9 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pemerintah Metropolitan Tokyo telah menunda pawai obor Olimpiade karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona.

Pawai obor Olimpiade Tokyo sedianya dijadwalkan di sekitar ibu kota Jepang pada Kamis (7/1/2021). Namun, pemerintah setempat memutuskan untuk menunda rangkaian pameran tersebut demi mengurangi angka penyebaran Covid-19.

“Pameran obor Olimpiade Tokyo yang akan digelar di sekitar ibu kota Jepang telah ditunda untuk mengurangi kerumunan dan penyebaran Covid-19,” demikian pernyataan yang dilansir dari Kompas.com (08/01/2021).

Pawai obor Olimpiade Tokyo telah dilakukan pada akhir tahun lalu. Diberitakan sebelumnya, obor api Olimpiade memulai perjalanan keliling Jepang pada Senin, 2 November 2020.

Menurut rencana, obor api tersebut akan melalui 62 kota hingga pedesaan di Jepang. Peluncuran obor api Olimpiade akan dimulai pada 25 Maret 2021 di Fukushima dan dibawa menuju Tokyo dari 9 Juli hingga 23 Juli 2021.

Pameran obor pun sedianya akan dimulai lagi pada Kamis (7/1/2021), tetapi ditunda karena Tokyo memberlakukan keadaan darurat terkait Covid-19 yang akan dimulai pada Jumat (8/1/2021). Selain Tokyo, tiga prefektur atau wilayah di Jepang juga akan menjalankan kebijakan serupa.

Hal tersebut yang kemudian menyebabkan pemerintah untuk menunda semua event termasuk pameran obor sampai akhir bulan ini.

Pemerintah Jepang memang telah mengumumkan keadaan darurat selama satu bulan guna menekan angka penyebaran virus corona.

Keadaan darurat akan berlangsung mulai Jumat (8/1/2021) hingga 7 Februari di kawasan Tokyo, Saitama, Kanagawa, dan Chiba, yang mencakup sekitar 30 persen dari populasi di Jepang.

Pembatasan akan berpusat pada pemberantasan penyebaran virus corona di bar dan restoran, yang menurut pemerintah setempat merupakan area dengan risiko terbesar.

Meski demikian, pemerintah Jepang menegaskan pembatasan dalam keadaan darurat ini tak akan seketat yang diberlakukan secara nasional pada April dan Mei tahun lalu.

Hal itu dilakukan demi mengurangi kerusakan pada ekonomi di Jepang.

Adapun, Olimpiade Tokyo 2020 yang seharusnya digelar pada 24 Juli-9 Agustus 2020 ditunda menjadi 23 Juli-8 Agustus 2021. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: