Tips Yang Dapat Dilakukan Saat Sahur agar Tubuh Tetap Bertenaga

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 29 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada saat berpuasa, konsumsi makanan ketika sahur merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini bisa sangat menentukan puasa yang sedang kita jalani selanjutnya.

Asupan makanan yang tepat ketika sahur bisa memastikan tubuh agar tidak kekurangan nutrisi. Makanan yang tepat juga bisa memastikan agar kamu tidak cepat lapar.

Lebih lanjut, pilihan makanan yang tepat juga sangat berpengaruh untuk membuat energi tubuhmu tetap terjaga. Dilansir dari Merdeka.com (27/04/2021), berikut sejumlah hal yang diperlukan saat sahur agar tubuh tetap bertenaga ketika berpuasa.

  1. Batasi Konsumsi Garam

Pada saat sahur, sangat disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi sodium. Pasalnya, konsumsi tinggi sodium bisa menyerap air dan membuat kita haus di siang hari.

Makanan tinggi garam bisa membuat tubuh lebih cepat haus terutama pada siang hari. Makanan tinggi garam ini termasuk keripik kentang, kecap asin, serta makanan beku.

  1. Cukup Nasi

Nasi merupakan makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia. Pada saat sahur, pastikan untuk cukup makan nasi karena makanan ini cenderung mudah dicerna sehingga membuat energi dalam tubuh lebih cepat habis dibanding karbohidrat kompleks lain.

  1. Cukup Nasi dan Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas bisa membuat perut menjadi tidak nyaman, buang air kecil berkali-kali, bahkan diare yang bisa berujung dehidrasi. Untuk mencegah masalah pada saat berpuasa, disarankan untuk menghindari makanan pedas ini.

  1. Batasi Konsumsi Kopi

Konsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein merupakan hal yang sebaiknya dihindari saat berpuasa. Kafein memiliki sifat diuretik yang menyerap air dan membuatmu lebih sering buang air kecil. Ketika kandungan air dalam tubuh berkurang, kamu bakal lebih mudah mengalami dehidrasi dan kelelahan.

  1. Batasi Minuman Berpemanis

Minuman berpemanis cenderung memiliki kandungan tinggi kalori di dalamnya. Walau begitu, minuman ini tidak membuat kenyang karena kandungan gula sederhana di dalamnya.

Gula sederhana bisa memberi dorongan energi secara seketika. Munculnya tenaga secara seketika bisa membuat energi ini juga hilang secara seketika dan badan menjadi lemas. (Uli)