Tips Untuk Jadi Konten Kreator Tanpa Peralatan Mahal

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 9 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Konten kreator atau yang kerap disebut Youtuber jika berada di platform Youtube, kini adalah peluang berkarya dan salah satu ajang aktualisasi diri di tengah pandemi. Jika beruntung, terkadang pemasukan juga bisa datang dari sini.

Hal ini dikarenakan pengguna smartphone di Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 1,2 jam per hari untuk mencari hiburan dengan melihat konten melalui smartphone.

Permasalahannya, para calon konten kreator kebanyakan ragu untuk memulai karena melihat contoh yang sudah ada di Youtube, menggunakan peralatan yang bagus dan profesional.

Padahal, tak perlu perangkat mahal, cukup bermodal smartphone terjangkau, Anda bisa menghasilkan konten menarik.

Nah, berikut adalah tiga buah tips paling penting untuk Anda yang ingin memulai menjadi kreator konten. Melansir dari Merdeka.com (07/11/2020), yuk simak bersama ulasannya!

  1. Andalkan Perangkat yang Ada

Siapkan perangkat yang ada untuk membuat konten. Anda bisa sekadar menggunakan smartphone yang Anda miliki saat ini. Fitur kamera yang ada dalam smartphone sudah sangat cukup untuk merekam visual Anda dalam bentuk video.

Soal audio, Anda bisa menggunakan mic internal dari smartphone Anda, lalu dijahit sedemikian rupa dalam proses editing. Proses editing ini bisa menggunakan software di laptop, atau bahkan aplikasi di smartphone.

  1. Pilih Topik yang Dekat Dengan Audiens

Topik merupakan hal pertama yang wajib kita miliki sebelum mulai membuat konten. Mengingat kita menggunakan peralatan seadanya, tentu senjata utama kita adalah konten.

Mencari topik sangatlah mudah dan banyak sekali hal yang bisa kita manfaatkan jika kita melihat di sekitar kita. Prinsip dasar untuk mencari topik adalah mengidentifikasi poin-poin seperti ‘siapa’, ‘apa problemnya’, dan ‘apa solusinya’.

Contohnya, kita melihat banyak lulusan SMA yang memiliki problem: bingung mencari fakultas yang tepat, kita dapat membuat konten yang memberitahu seperti apa pilihan fakultas dan jurusan yang tepat untuk mereka.

Pada intinya, selalu niatkan membuat konten yang membantu dan menjadi solusi bagi banyak orang.

  1. Asah Kemampuan Bercerita

Setelah mengetahui topik/permasalahan apa yang ingin kita bahas, kita harus menceritakan topik tersebut dan membuat konten yang bisa menjadi solusinya. Banyak anggapan yang menilai bahwa story telling merupakan hal sulit untuk dikuasai.

Padahal, sejak kita kecil, kita sudah dilatih secara alami. Misalnya ketika menceritakan hal apa yang terjadi di sekolah kepada orangtua kita, hingga ketika bercerita ke sahabat kita tentang gebetan yang ditaksir.

Topik

Untuk membuat konten, ceritakanlah topik yang sudah kita tetapkan dengan gaya kita masing-masing untuk menghasilkan konten orisinil.

Demikian pembahasan kami tentang tips jadi konten kreator tanpa peralatan mahal. Semoga bermanfaat! (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: