Tips Menyimpan Sisa Daging Kurban Agar Awet Dan Tetap Enak

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 12 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Stok daging di lemari es berlimpah? Bukan berarti Anda harus mengolah semuanya pada hari yang sama. Daging kurban yang Anda dapatkan saat Idul Adha kemarin masih bisa disimpan di dalam kulkas, kok.

Anda bisa menyimpannya dalam keadaan mentah, sudah dibumbui, atau malah sudah diolah menjadi masakan. Tetapi perhatikan hal-hal berikut agar kualitas daging tetap prima, dilansir dari Merdeka.com (10/07/2022).

Tips 1: Jangan simpan dalam suhu ruangan

Ini peraturan pertama yang perlu diingat sebelum menyimpan daging mentah. Jangan membiarkan daging terekspos panas atau suhu ruangan terlalu lama. Menurut American Lamb, hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri pembusuk.

Jika ingin mencairkan daging yang beku, lakukan dengan memindahkannya dari freezer ke rak lemari es. Naikkan suhu lemari es agar daging mencair.

Tips 2: Simpan dalam kemasan non-plastik

Untuk penyimpanan selama beberapa hari, Beef and Lamb menyarankan untuk meletakkan daging dalam kemasan non-plastik. Wadah plastik bisa menimbulkan bau yang mengubah rasa daging saat dimasak.

Tips 3: Kemasan vakum

Jika ingin daging mentah bertahan sampai sebulan, bungkus daging dalam kemasan vakum atau aluminium foil serapat mungkin. Sebelumnya buang dulu cairan berlebih yang menggenang.

Dengan cara ini, daging tidak akan mengalami freezer burn (perubahan warna karena hilangnya cairan) dan tetap juicy ketika diolah.

Tips 4: Suhu yang tepat

Pastikan suhu freezer di antara -15 derajat Celcius dan -18 derajat Celcius. Sementara suhu lemari es harus di antara 4 derajat Celcius dan 5 derajat Celcius.

Tips 5: Jauhkan dari makanan lain

Simpan daging di kompartemen yang terpisah dengan makanan lain. Pastikan juga tidak ada cairan daging yang menetes ke bahan makanan lain. Hal ini penting untuk menjaga rasa asli setiap bahan makanan.

Daging yang sudah dimasak sebaiknya juga tidak disimpan di wadah yang sama dengan daging mentah.

Tips 6: Tiriskan bumbu perendam

Jika daging direndam dalam bumbu sebelum disimpan, pastikan untuk meniriskan cairan berlebih dari perendam. Hal ini penting untuk mencegah makanan jadi busuk.

Tips 7: Perhatikan masa kedaluwarsa daging

Daging yang disimpan di kulkas akan kehilangan tekstur dan rasa aslinya perlahan-lahan. Daging cincang sebaiknya dimasak setelah 2 hari. Begitu juga dengan daging yang dipotong dadu dan steak.

Sementara daging yang sudah diolah memiliki jangka waktu 1 hingga 2 hari lebih lama. Daging yang disimpan dalam kemasan vakum bisa bertahan selama 4 sampai 6 minggu.

Tips 8: Simpan masakan daging sesegera mungkin

Daging yang sudah dimasak harus segera disimpan di dalam kulkas setelah acara bersantap selesai. Jangan biarkan makanan terekspos suhu ruangan lebih dari 2 jam agar tidak cepat basi.

Tips 9: Kenali tanda-tanda daging busuk

Pastikan untuk membuang daging jika bagian lemaknya sudah menghitam atau daging mengeluarkan cairan lengket yang berbau tidak sedap.

Itulah beberapa tips menyimpan daging yang bisa Anda terapkan untuk ‘menyelamatkan’ kelebihan daging kurban. Semoga bermanfaat, ya. (Uli)