Tips Mencegah Masalah Kulit Saat Memakai Masker Kesehatan

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 23 Mei 2020

Indolinear.com, Jakarta – Memakai masker kesehatan mungkin akan mencegah paparan virus Covid-19. Namun, banyak orang yang mengalami masalah kulit akibat pemakaiannya.

Ada yang mengalami ruam, eksim hingga jerawat. Jika kamu memiliki jerawat di area dagu, kemungkinan disebabkan oleh pemakaian masker.

Selama menjalani masa lockdown kamu mungkin lebih sering memakai masker saat beraktivitas. Dilansir dari Dream.co.id (21/05/2020), berikut tips menjaga kesehatan kulit saat memakai masker kesehatan.

Membersihkan Wajah dan Menjaga Kelembapan

Memakai masker kesehatan maupun tidak, kamu harus tetap membersihkan dan menjaga kelembapan kulit. Jika tidak, kulitmu akan iritasi akibat gesekan masker. Gunakanlah pelembap berbahan dasar air dan ringan agar lebih nyaman di kulit.

Memakai Tabir Surya Berbahan Ringan

Tabir surya harus digunakan setiap hari selama kamu masih terpapar sinar matahari atau gawai. Namun ketika memakai masker kesehatan, kamu perlu memakai tabir surya berformula ringan secukupnya agar tidak menyebabkan beruntusan.

Menjaga Kebersihan Tangan

Karena tidak terbiasa memakai masker, mungkin kamu akan lebih sering menyentuh wajah. Oleh karena itu, kamu harus lebih sering mencuci tangan menggunakan hand sanitizer atau sabun agar tidak menyebabka masalah kulit.

Mengurangi Pemakaian Makeup

Hindari wajah dari pemakaian makeup ketika memakai masker kesehatan. Ini akan membuat pori-porimu tersumbat dan menyebabkan beruntusan, komedo maupun jerawat. Gunakanlah produk seminimal mungkin agar kamu tetap nyaman dan terhindar dari masalah kulit. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya