Tips Mencegah Dan Mengatasi Infeksi Virus, Termasuk Covid-19!

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 18 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Memerlukan obat anti virus dan daya tahan tubuh yang baik untuk mengatasi dampak buruk virus. Sedangkan antibiotik hanya dapat mengatasi dampak buruk bakteri.

Setiap virus juga memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Sehingga, kamu perlu berkonsultasi pada dokter untuk mengatasi perkembangan dan penyebaran virus. Dilansir dari Dream.co.id (16/11/2020), berikut beberapa cara membunuh virus.

Daya tahan tubuh yang kuat

Beberapa virus seperti flu dan Covid-19 dapat dilawan dengan daya tahan tubuh kuat. Tapi jika kurang kuat, daya tahan tubuhmu akan kalah saat melawan virus. Sehingga, virus pun akan semakin parah dan sulit untuk disembuhkan.

Maka dari itu, jalani pola makan sehat, cukup istirahat, hindari kebiasaan merokok serta kelola stres dengan baik agar sistem imun tetap kuat.

Menjaga kebersihan

Virus dapat masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui benda yang tersentuh oleh tangan maupun bagian tubuh lainnya.

Ketika terpapar di bagian yang rentan, virus pun akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan berkembang. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga kebersihan tangan atau bagian tubuh lainnya.

Cucilah tangan menggunakan sabun agar lapisan pelindung virus yang bisa terdapat pada bagian tubuh segera hancur, mati dan larut bersama air. Hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 persen juga dapat digunakan ketika darurat.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan benda di sekitarmu dengan memakai disinfektan agar bebas dari kuman maupun virus yang dapat berpindah ke tubuh.

Gunakan disinfektan yang mengandung alkohol 70 persen atau membuatnya sendiri dengan mencampur 4 sendok teh pemutih pakaian dan 1 liter air.

Mengonsumsi obat anti virus

Konsumsi obat anti virus seperti Acyclovir, Famciclovir dan Valacyclovir bisa mencegah penyebaran serta perkembangan virus. Biasanya, obat ini digunakan untuk mengatasi herpes.

Sedangkan untuk penyakit lain seperti flu, demam atau nyeri di bagian tubuh tertentu, dokter akan memberikan obat pereda gejala infeksi virus.

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: