Tips Memilih Software Akuntansi Online Terbaik Untuk Berbisnis

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 1 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Hal paling krusial dalam mengelola sebuah bisnis adalah bagaimana pemilik bisnis mengelola keuangannya dengan baik agar perusahaan bisa terus berjalan.

Tentunya pengelolaan yang baik dan tepat atas sumber daya yang paling penting bagi pelaku bisnis, yaitu modal, harus didasari pada data. Pasalnya, tanpa data dan informasi yang jelas, perusahaan akan kesulitan untuk menentukan langkah selanjutnya serta mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

Data dan informasi yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis atau pemangku kepentingan lainnya yang biasa membuat keputusan dalam sebuah perusahaan. Data yang dikumpulkan tersebut akan dibuat dalam bentuk laporan akuntansi.

Ini sebabnya, pengerjaan akuntansi harus dilakukan secara teliti dan detail agar laporan yang dihasilkan pun benar-benar memenuhi fungsi optimalnya.

Peran akuntansi bisa dibilang menjadi ujung tombak dalam mengelola sebuah bisnis. Sebab, tanpa adanya pencatatan laporan keuangan yang akurat maka kegiatan pemasaran serta operasional bisnis lainnya akan menjadi tidak terukur. Hal ini tentu saja berakibat pada perusahaan tidak mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.

Tak sedikit kasus bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak mampu mengelola keuangannya dengan bijak dan laporan keuangan yang kurang memadai.

Sekarang ini, saat di mana teknologi semakin berperan penting dalam memudahkan kehidupan masyarakat termasuk pemanfaatan teknologi dalam bidang akuntansi. Salah satunya berupa software akuntansi yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan segala transaksi yang dilakukannya dengan lebih mudah, akurat, dan terpercaya.

Penggunaan software akuntansi oleh perusahaan sangat direkomendasikan karena software ini berfungsi untuk secara otomatis mencatat transaksi apa saja yang dilakukan, mengintegrasikannya dengan data serta informasi lain, dan dapat diakses secara langsung oleh pemangku kepentingan.

Dengan adanya akses untuk memonitor operasional bisnis secara real-time melalui software akuntansi, kekhawatiran akan pemalsuan data transaksi maupun penyelewengan dapat diminimalisir atau bahkan kemungkinan tersebut dapat dicegah, dilansir dari Dream.co.id (30/05/2022).

Mengapa Harus Menggunakan Software Akuntansi Online

Seperti yang telah disebutkan di atas beberapa keuntungan jika kita menggunakan Software akuntansi sangat banyak. Di antaranya seperti pencatatan transaksi perusahaan secara otomatis, mengintegrasikan data transaksi perusahaan dengan informasi lainnya. Cara tersebut juga memungkinkan pemangku kepentingan untuk memonitor performa keuangan perusahaannya secara real-time dari mana saja.

Dengan begitu, penggunaan software akuntansi dapat menghemat waktu Anda hingga berjam-jam jika dibandingkan dengan memonitornya atau membuat laporan secara manual. Software akuntansi juga mampu mengurangi atau menghilangkan entri data yang berlebihan, contohnya seperti memasukkan alamat pelanggan pada quotation dan kemudian membuat dokumen pemesanan lalu invoice.

Jika kamu mengelola bisnis dengan pendapatan serta operasional yang masih sederhana mungkin masih belum terlalu membutuhkan software ini. Namun, untuk pelaku usaha yang mengelola bisnis yang terus berkembang mereka harus mengelola inventaris atau persediaan barang serta harus menangani jumlah pelanggan dan karyawan yang tidak sedikit secara bersamaan.

Penggunaan software akuntansi, terutama yang berbentuk online, dapat mempermudah pekerjaan kamu dengan menghemat waktu yang harus dihabiskan dalam mengurusnya dan kamu juga akan memiliki laporan keuangan yang lebih akurat.

Tips Memilih Software Akuntansi

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari penggunaan software akuntansi pada perusahaan, selanjutnya pemilihan software akuntansi yang tepat sangat diperlukan agar penggunaannya dapat dioptimalkan dalam mendukung operasional bisnis perusahaan. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu cara memilih software akuntansi yang tepat seperti beberapa di bawah ini:

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran dengan Mudah Secara Otomatis

  1. Pertimbangkan Kebutuhan Perusahaan

Sebelum memilih software akuntansi yang akan digunakan, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja yang sebenarnya dibutuhkan perusahaan. Cara ini dilakukan agar software yang digunakan dapat mendukung perkembangannya. Hal ini dikarenakan setiap software akuntansi menawarkan fitur yang berbeda-beda sehingga kamu harus memastikan memilih fitur yang bisa lebih pas bagi perusahaan.

Dengan memahami apa saja kebutuhan perusahaan yang sebenarnya, kamu bisa mempersempit pilihan software akuntansi yang tepat. Cara terbaik untuk mengetahui software akuntansi seperti apa yang tepat untuk mendukung operasional bisnis kamu adalah dengan memahami bagaimana bisnis beroperasi, lalu lakukan riset terlebih dahulu berbagai jenis software yang ada di pasaran.

Ada berbagai macam pilihan software akuntansi yang tersedia, termasuk software yang fiturnya dirancang khusus atau disesuaikan dengan operasional bisnis suatu perusahaan.

  1. Kelengkapan Fitur

Setelah mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan, menentukan fitur apa saja yang harus ada pada software akuntansi yang akan digunakan merupakan langkah yang paling penting. Penentuan fitur-fitur ini pun bisa dikonsultasikan dengan tim kamu terlebih dahulu, karena mungkin tim kamu ada yang mengetahui fitur yang belum terpikirkan.

Hal ini juga untuk meminimalisir adanya fitur yang harus ditambahkan setelahnya sehingga memungkinkan kamu harus mengeluarkan budget yang lebih besar lagi.

Selain itu, akan lebih baik untuk mencari penyedia software akuntansi yang juga bisa memberikan Anda konsultasi mengenai fitur-fitur yang tepat bagi operasional bisnis.

Berikut beberapa fitur-fitur yang biasanya digunakan oleh bisnis kecil menengah:

  • Inventory management
  • Budgeting
  • Sales Tracking
  • Payroll
  • Accounting
  • Tax
  • Customer contacts management

Sebagai informasi tambahan, beberapa software akuntansi dibuat secara spesifik untuk industri tertentu, seperti manufaktur, konstruksi, dan distributor grosir. Apabila bisnis yang kamu kelola beroperasi di industri yang memerlukan fitur-fitur tertentu, mungkin ada software akuntansi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Penting juga untuk menentukan jenis software akuntansi yang akan digunakan. Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan software akuntansi online. Software akuntansi online merupakan software akuntansi yang berbasis web pada jaringan internet yang sudah pasti aman.

Selain itu, software akuntansi online dapat diakses dari beberapa perangkat sekaligus. Dengan berbasiskan internet, Anda juga tidak perlu repot menginstall aplikasi pada perangkat yang digunakan.

  1. Layanan Support yang Memadai

Poin penting lainnya yang harus dipastikan adalah apakah penyedia software akuntansi online yang akan digunakan memiliki layanan bantuan yang memadai. Mengimplementasikan serta menjalankan sebuah software ada kalanya menemui kendala-kendala tertentu.

Oleh karena itu, sangat penting bagi penyedia software akuntansi online yang bekerjasama dengan perusahaan kamu untuk memberikan layanan bantuan yang baik.

Layanan support ini tidak hanya diberikan ketika kamu menemui kendala, tetapi juga memberikan saran atau konsultasi proses bisnis, membantu proses implementasi software dan juga setup accounting.

  1. Harga yang Sesuai

Mungkin bagi perusahaan fitur-fitur sesuai yang dibutuhkan memang penting, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan pentingnya jumlah nominal yang harus dihabiskan oleh perusahaan. Pada umumnya, pihak management tidak akan keberatan untuk mengeluarkan budget yang sesuai dengan kualitas serta layanan yang baik yang akan didapatkan oleh perusahaan.

Jadi, pastikan memilih software akuntansi online yang penyedianya dapat memberikan yang terbaik untuk mendukung perkembangan perusahaan. Tentunya Software Akuntansi yang kamu pilih dapat memudahkan operasional bisnis dengan harga yang sesuai.

Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

  1. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Mekari Jurnal adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Mekari Jurnal hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Mekari Jurnal bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Mekari Jurnal menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Mekari Jurnal telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, kamu juga dapat mengakses data secara real-time, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial software akuntansi Jurnal selama 14 hari melalui link berikut ini https://mekari.com/produk/jurnal/.

  1. FreshBooks

FreshBooks adalah layanan akuntansi berbasis cloud yang dirancang khusus untuk bisnis kecil. Software ini memiliki beberapa fitur seperti faktur, pelacakan pengeluaran, pelacakan waktu, sejumlah laporan bisnis, bahkan opsi untuk mengambil pembayaran kartu kredit.

  1. QuickBooks

Software berbasis cloud ini cukup dikenal dalam dunia akuntansi dan pembukuan. Dikembangkan oleh Intuit, QuickBooks memiliki sejumlah produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis. Beberapa di antaranya seperti QuickBooks Online, QuickBooks Live Bookkeeping, dan QuickBooks Desktop Pro.

  1. Xero

Layanan ini menawarkan pelacakan dan manajemen pengeluaran yang cerdas secara opsional di ponsel Android dan iOS. Paket Xero Growing dapat digunakan untuk mengatasi masalah faktur, bank, atau tagihan. Dengan berlangganan 30 dolar per bulan, pengguna menerbitkan faktur dan memasukkan tagihan sebanyak mungkin.

  1. Sage Business Cloud Accounting

Software ini mendapatkan modul untuk mengelola penawaran, faktur, menangani dan mengirimkan PPN secara online, umpan dan rekonsiliasi bank pintar, perkiraan arus kas, laporan terperinci, dukungan mata uang, hingga pelacakan proyek melalui ponsel atau desktop. Nah, itu dia beberapa jenis accounting software yang biasa atau umum dipakai. Memilih software akuntansi memang tak sembarangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, baik dari aspek biaya, sumber daya, hingga kebutuhan jangka panjang.

  1. Kashoo

Software ini memiliki paket berlangganan per bulan atau tahunan. Namun, dana yang dikeluarkan setara dengan kualitas software ini yang hampir dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis.

Beberapa fitur dalam Kashoo seperti dukungan multi-mata uang dan transaksi kartu kredit untuk semua operator utama (Amex, Visa, dan Mastercard). Pengguna juga dapat menerbitkan faktur tak terbatas serta koneksi ke lebih dari 5.000 lembaga keuangan untuk rekonsiliasi akun online.

  1. Zoho Books

Zoho Books adalah layanan akuntansi berbasi cloud yang menawarkan segala macam solusi dalam menjalankan bisnis. Software ini cocok untuk seorang freelancer, pedagang tunggal, atau seseorang yang menjalankan bisnis kecil.

  1. KashFlow

Layanan ini tidak hanya memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas akuntansi, namun juga dapat melakukan penggajian dan SDM. Software ini memiliki beberapa paket dengan fungsi seperti kemampuan mengirim faktur dan rekonsiliasi transaksi bank. Selain itu juga ada fungsionalitas penggajian yang terdapat pada paket berbayar. (Uli)

loading...