Tips Memilih Pembersih Wajah Untuk Mencegah Efek Samping

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 24 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Walaupun sudah banyak produk skincare yang mengklaim aman untuk semua jenis kulit, bukan berarti kamu bisa menggunakan produk apapun. Kamu tetap harus memilih produk yang tepat untuk jenis dan kebutuhan kulitmu.

Begitu pula ketika memilih pembersih wajah yang memang cenderung lebih mudah cocok untuk berbagai jenis kulit.

Efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian pembersih wajah yang kurang cocok memang tidak begitu parah. Terutama jika kandungan di dalamyang tak menggunakan bahan yang bersifat keras. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan pemilihan pembersih wajah yang akan dipakai.

Hal tersebut ditegaskan oleh Dokter Kulit, Listya Paramita dalam salah satu unggahan di Instagramnya. Pemilihan pembersih wajah sangat penting untuk mengawali keseluruhan tahapan pemakaian skincare, dilansir dari Dream.co.id (22/05/2022).

Dampak Salah Pilih Pembersih Wajah

Kesalahan dalam pemilihan pembersih wajah bisa menyebabkan masalah kulit. Bahkan, bisa mengganggu fungsi skin barrier atau sawar kulit. Apalagi kulit wajah bersifat lebih sensitif dibandingkan area tubuh lainnya.

” Ketika produk pencuci wajah kurang tepat, dapat menyebabkan ” menghilangnya” sebagian pelembab alami kulit sehingga akan mengganggu sawar kulit (skin barrier),” jelasnya.

Jika kelembapan kulit telah terkikis atau sawar kulit terganggu, kulitmu akan terasa lebih kering, tertarik, serta mengalami tanda iritasi, seperti kemerahan dan perih.

Tips Memilih Pembersih Wajah

Perhatikan beberapa hal penting pada pembersih wajah agar pembersih wajah aman digunakan untuk kulitmu.

Pilihlah pembersih wajah yang berformula ringan dengan pH sekitar 4,5-5. Ketahui jenis kulitmu dan sesuaikan bahan aktif yang terkandung dengan kondisi wajah.

Walaupun pembersih wajahmu aman digunakan, jangan terlalu sering menggunakannya dalam sehari. Gunakanlah secukupnya atau sekitar 2-3 kali sehari. Membersihkan wajah terlalu sering akan mengakibatkan efek samping serupa dengan kesalahan pemilihan produk. (Uli)