Tips Bermain Softball: Prinsip Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemukul Bola

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 6 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu posisi dalam permainan softball adalah pemukul bola atau yang disebut dengan batter. Seorang pemukul harus mengetahui prinsip memegang tongkat pemukul (bat) agar dapat menghasilkan pukulan bola yang baik.

Dilansir dari Kompas.com (05/11/2021), softball merupakan jenis permainan bola kecil yang berasal dari Amerika Serikat. Permainan softball diciptakan oleh George W Hancock.

Softball dimainkan oleh dua regu atau tim secara berlawanan. Jumlah pemain softball untuk masing-masing regu yang bertanding adalah sembilan orang di lapangan.

Pertandingan softball dimainkan selama tujuh babak (inning) di lapangan tanah berbentuk berlian. Bola yang digunakan memiliki ukuran keliling sekitar 12 inci (30,5 cm).

Selain bola, peralatan lain yang umumnya digunakan dalam permainan softball adalah tongkat pemukul, sarung tangan (gloves), seragam tanding, serta helm berpelindung wajah dan pelindung dada yang biasanya digunakan oleh pemain berposisi catcher.

Prinsip yang harus diperhatikan oleh pemukul bola

Softball dimainkan secara beregu dan terdiri dari beberapa aktivitas gerak seperti berlari, memukul, serta melempar dan menangkap bola.

Untuk memukul bola dalam permainan softball, digunakan sebuah alat pemukul yang disebut bat. Pemain yang mendapatkan giliran memukul bola disebut batter.

Seorang batter bertugas memukul bola untuk mencetak angka (run) dan berlari ke base, lalu menginjak atau menyentuh semua base secara berurutan kemudian kembali ke home plate.

Prinsip yang harus diperhatikan oleh pemain yang akan memukul bola yaitu cara memegang pemukul.

Cara memegang tongkat pemukul yang benar

  1. Cara memegang tongkat pemukul yang benar adalah sebagai berikut.
  2. Berikanlah tekanan pada tongkat pemukul menggunakan jari tangan, bukan telapak tangan.
  3. Tangan dalam kondisi rileks dan jangan menyilangkan kedua tangan ketika memegang pemukul.
  4. Pastikan posisi tangan dekat dengan tubuh. Jaraknya sekitar 3 hingga 4 inci atau setara dengan 7 cm dan 10 cm.
  5. Pegang bat di depan dada dan di atas bahu. Posisi kedua siku harus ditekuk dan bahu dalam kondisi rileks.

Teknik memukul bola dalam permainan softball

Berikut adalah teknik memukul bola dalam permainan softball.

  1. Agar bisa memukul dengan baik, pastikan untuk memegang bat atau pemukul dengan benar. Usahakan untuk berdiri dengan posisi yang nyaman dan berat badan bertumpu pada kedua kaki.
  2. Posisi kedua kaki harus dibuka selebar bahu dan sejajar. Arahkan pandangan mata fokus ke depan dan posisikan pemukul berada di atas bahu.
  3. Ketika akan memukul bola dengan bat, mulailah dengan mengayunkan kaki dan pinggul secara bersamaan. Pandangan tetap fokus ke depan melihat ke arah bola.
  4. Usahakan memukul saat bola menyentuh bat atau pemukul. Memutar pinggul saat memukul bola dapat menghasilkan pukulan yang keras dan lemparan yang jauh. (Uli)