Tipe All New Land Cruiser Ini Lebih Enak Untuk Dipakai Off Road

FOTO: lipuan6.com/indolinear.com
Kamis, 20 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – PT Toyota Astra Motor resmi merilis All New Land Cruiser untuk pasar otomotif Indonesia. Kehadiran SUV premium ini juga ditawarkan dalam dua pilihan, yakni VX-R dan GR-S yang memiliki beberapa perbedaan.

Tetapi, bicara sejarahnya di medan off road, dari dua tipe yang ditawarkan mana yang lebih proper ketika digunakan untuk menerjang medan off road?

Untuk menjawab hal tersebut, Julian Johan yang dikenal sebagai off roader Tanah Air, memberikan pandangannya terkait hal tersebut.

Dalam penjelasannya, pria yang akrab disapa Jeje ini, menjabarkan dari kedua tipe tersebut untuk model All New Land Cruiser GR-S masih menjadi model yang layak digunakan untuk medan off road ketimbang VX-R.

“Jadikan ada 2 varian, GR-S dan VX-R. Sekarang ini kalau kita ngomongin yang VX-R itu, memang lebih cocok peruntukannya untuk dalam kota atau luar kota yang on road. Karena dia secara untuk body kit-nya memang lebih besar, jadi kalau kita pakai di medan off road, dia itu memang lebih berisiko dan riskan terhadap body kit-nya,” jelas Jeje, dilansir dari Liputan6.com (18/01/2022).

Sementara bicara mengenai fitur yang disematkan dan kemampuannya dalam menerjang medan off road, untuk varian VX-R belum dibekali dengan teknologi yang mumpuni untuk medan off road.

“Di luar itu, VX-R tidak memiliki fitur yang memang lebih spesifik untuk off road, misalnya differential locker. Fitur tersebut memiliki fungsi supaya roda sebelah kanan dan kiri itu bisa bergerak berbarengan. Jadi porsinya 50:50, kalau mobil tanpa differential locker, itu dia kalau misalnya dipakai off road traksinya jadi berkurang,” tambah Jeje.

Hal tersebut dikarenakan mobil tanpa differential locker tidak mampu memberikan traksi yang sama untuk kedua sisinya.

Sehingga, ketika mobil tersebut membutuhkan traksi pada salah satu ban, mobil tersebut tidak memiliki performa yang optimal.

All New Land Cruiser GR-S Paling Sakti untuk Off Road

Sementara untuk tipe GR-S, model ini lebih baik lagi karena sudah didukung dengan differential locker di bagian depan dan belakang. Sehingga, Jeje, menegaskan GR-S ini akan lebih sakti untuk menaklukan medan off road.

“Jadi yang ada differential locker itu ada di Fortuner untuk yang bagian belakang, kalau yang di Land Cruiser ada differential locker yang di GR-S. Malah yang di situ dia differential locker-nya ada di depan dan belakang, jadi lebih sakti lagi buat medan off road,” bebernya.

Meski demikian, baik varian VX-R maupun GR-S, keduanya sudah dibekali dengan fitur yang mumpuni untuk semua medan. Jeje, menjelaskan hal tersebut karena Land Cruiser ini dibekali dengan fitur Multi Terrain Select.

“Tapi yang canggih mode berkendara off road-nya dia ada yang auto, jadi si mobil akan menyesuaikan kebutuhannya. Yang membedakan itu adalah karakter mengegas, mengerem terus traction control-nya itu yang membedakan antara untuk di pasir dan batu mobilnya sudah berpikir semua,” tandas Jeje. (Uli)