Timnas Indonesia Lolos Ke Piala Asia 2023, Akhir Penantian 15 Tahun

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 17 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 dan mengakhiri penantian panjang selama 15 tahun.

Timnas Indonesia memastikan satu tiket ke Piala Asia tahun depan usai mengalahkan Nepal pada laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 putaran ketiga yang digelar di Kuwait.

Bertanding di Stadion Internasional Al Ahmad, Kuwait City, pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong sukses menaklukkan Nepal dengan skor telak 7-0.

Witan Sulaeman mengemas dua gol bagi timnas Indonesia, masing-masing pada menit ke-43 dan 81, dilansir dari Kompas.com (16/06/2022).

Lima gol Garuda lainnya dicetak oleh Dimas Drajad (6′), Fachruddin Aryanto (54′), Saddil Ramdani (55′), Elkan Baggott (80′), dan Marselino Ferdinan (90′).

Hasil Kualifikasi Piala Asia 2023 tersebut membuat timnas Indonesia mengamankan status runner-up Grup A dengan nilai enam hasil dari dua kali menang dan sekali kalah.

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari lima tim peringkat kedua terbaik masing-masing grup.

Lolos ke Piala Asia Lagi Setelah 15 Tahun

Kemenangan atas Nepal sekaligus mengakhiri penantian timnas Indonesia selama 15 tahun untuk kembali lolos ke Piala Asia.

Kali terakhir skuad Garuda tampil di Piala Asia adalah pada edisi 2007. Kala itu, Indonesia lolos sebagai salah satu dari empat tim tuan rumah.

Adapun, Piala Asia 2007 digelar di empat negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Di Piala Asia 2007, Indonesia masuk Grup D bersama Arab Saudi, Korea Selatan, dan Bahrain. Pada laga pembuka Grup D di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Bambang Pamungkas dkk menyuguhkan salah satu pertandingan terbaik dalam sejarah timnas Indonesia.

Skuad Garuda berhasil menekuk Bahrain dengan skor 2-1 di hadapan sekitar 60.000 pasang mata yang hadir di Gelora Bung Karno. Bambang Pamungkas mencetak gol penentu kemenangan timnas Indonesia atas Bahrain pada menit ke-64, menyelesaikan sepakan Firman Utina yang menghantam tiang gawang.

Akan tetapi, ambisi Garuda untuk lolos ke fase gugur sirna lantaran menderita kekalahan pada dua laga berikutnya.

Usai kalah 1-2 dari Arab Saudi, Indonesia kemudian takluk 0-1 dari Korea Selatan pada laga penutup Grup D. Pada penampilan terakhir di Piala Asia, skuad Garuda finis di peringkat ketiga Grup D.

Kini, setelah menunggu selama 15 tahun, Indonesia kembali ke panggung Asia. Adapun, Piala Asia 2023 dijadwalkan bakal digelar pada 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan. Awalnya, Piala Asia 2023 akan diselenggarakan di China.

Akan tetapi, pada Mei lalu, AFC mengumumkan bahwa turnamen tersebut tidak akan digelar di Negeri Tirai Bambu karena adanya keadaan luar biasa akibat pandemi Covid-19. Piala Asia 2023 bakal diikuti oleh 24 tim, termasuk Indonesia yang memastikan lolos usai mengalahkan Nepal. (Uli)

loading...