Tim Medis Lapas Perempuan Tangerang Memberdayakan 29 WBP

kabar6com/indolinear.com
Selasa, 9 Oktober 2018

Indolinear.com, Kota Tamgerang – Minimalisir tingkat stress warga binaan pemasyarakatan (WBP), tim medis Lapas Perempuan Klas IIA Tangerang berdayakan 29 kader.

“Kita berdayakan 29 kader yang berasal dari WBP. Tugas mereka adalah untuk menjadi teman bagi para WBP lain yang mengalami stress,” kata dr Nuning Sukma Kamaratri, Kepala tim medis Lapas Perempuan Klas IIA Tangerang, dilansir dari Kabar6.com (08/10/2018).

Kata Nuning, 29 kader dibawah pimpinannya itu dilatih dan dibina tentang wawasan yang dibutuhkan para WBP yang mengalami stress dan cara menanganinya.

“Alhamdulillah, saat ini banyak testimony yang kami dapatkan bahwa WBP yang tadinya stress sekarang sudah bisa tersenyum kembali,” ungkapnya.

Dan 29 kader ini memiliki tugas lain untuk mengawasi teman-teman dalam lingkungannya. Bila ada salah satu teman WBP yang memiliki ciri-ciri stress, kader segera melaporkan ke Kepala Tim Medis untuk langkah selanjutnya.

“Setiap ada kejanggalan, kader segera melaporkan kondisi yang terjadi dan menanyakan langkah yang akan diambil selanjutnya, agar WBP dapat kembali normal seperti sedia kala,” kata Nuning yang menangani lebih dari 400 WBP.

Bila memungkinkan, kader akan melakukan langkah antisipasi agar stress WBP tidak berlanjut. Namun, bila hal itu tidak memungkinkan, WBP bermasalah akan dibawa ke klinik untuk perawatan lebih lanjut.

“Bila dapat ditangani di tempat, kader akan langsung menanganinya. Namun bila tidak memungkinkan, WBP akan di bawa ke klinik lapas,” jelasnya. (Uli)

%d blogger menyukai ini: