Tiga Vitamin yang Bisa Bantu Mengurangi Level Stres

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Kamis, 12 Desember 2019

Indolinear.com, Jakarta – Pemicu stres setiap individu tentunya berbeda-beda. Ketahanan tubuh dan pikiran tiap orang dalam menghadapi tekanan juga tidak sama. Setiap orang memiliki pemicu stres yang spesifik.

Bisa berupa tekanan pekerjaan, uang, kesehatan, dan hubungan pribadi. Stres dapat bersifat akut atau kronis dan menyebabkan kelelahan, sakit kepala, sakit perut, gugup, dan emosi yang tak stabil.

Olahraga teratur, tidur yang cukup, dan nutrisi yang baik adalah cara terbaik untuk mengurangi level stres. Sahabat Dream juga bisa mengonsumsi suplemen tertentu saat merasa pikiran dan tubuh sedang sangat stres.

Berikut tiga vitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat stress yang dilansir dari Dream.co.id (10/12/2019).

Melatonin

Tidur dengan cukup dan berkualitas jadi hal yang sangat penting untuk menghilangkan stres. Stres sangat terkait dengan insomnia, kelainan tidur yang ditandai dengan kesulitan tidur.

Mendapat kualitas tidur yang memadai bukan hal mudah saat sedang dilanda, justru dalam sehari bisa hanya tidur 2 hingga 3 jam saja. Dalam kondisi ini, cobalah untuk mengonsumsi suplemen melatonin.

Penelitian menunjukkan konsumsi suplemen ini bisa meningkatkan waktu tidur. Dosisnya antara 0,3 hingga 10 mg per hari. Akan lebih baik jika berkonsultasi dulu dengan dokter agar mendapat dosis yang tepat. Berjemur pagi hari juga bisa membantu meningkatkan hormon melatonin dalam tubuh.

L-theanine

L-theanine adalah asam amino yang paling umum ditemukan dalam daun teh. Zat tersebut terbukti bisa meningkatkan efek relaksasi dan mengurangi stres tanpa menggunakan efek obat penenang.

Sebuah tinjauan terhadap 21 studi yang melibatkan hampir 68.000 orang menemukan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan dan peningkatan daya ingat dan perhatian.

Jadi saat stresn, cobalah buat secangkir teh hijau. Duduk tenang dan nikmati tiap tegukannya. Tarik napas panjang dan sugesti pikiran kalau semuanya akan membaik. Lakukan secara rutin agar level stres berkurang.

Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks biasanya mengandung semua delapan vitamin B. Vitamin ini memainkan peran penting dalam metabolisme dengan mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan. Vitamin B juga penting untuk kesehatan jantung dan otak.

Sumber makanan vitamin B termasuk biji-bijian, daging, kacang-kacangan, telur, produk susu, dan sayuran hijau. Saat stres, perbanyak konsumsi makanan-makanan tersebut.

Sesekali bisa juga mengonsumsi suplemen vitamin B, tapi pastikan dosisnya tidak terlalu tinggi.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter agar diresepkan vitamin B dengan dosis yang tepat. Pasalnya, dosis vitamin B yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. (Uli)

INDOLINEAR.TV