Tiga Tips Mudah Untuk Bikin Smartphone Anda Lebih Panjang Umur!

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 25 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dalam sebuah kurun waktu, masyarakat kerap bergonta-ganti smartphone. Terlebih lagi memang industri smartphone selalu menelurkan perangkat baru setiap bulan.

Nah, permasalahan paling penting adalah, seberapa lama Anda bisa menggunakan smartphone Anda? Hal ini penting, karena nilai dari uang yang kita investasikan akan lebih terasa tinggi jika perangkat dipakai lebih lama.

Selain itu, mempertahankan smartphone lebih lama tentu lebih ramah lingkungan karena sesuai dengan prinsip keberlanjutan.

Namun faktanya, kita cenderung sering mengganti smartphone ketimbang barang elektronik lainnya, padahal seharusnya tidak seperti itu.

Nah, berikut tiga tips sederhana yang bisa Anda lakukan agar usia smartphone lebih panjang, melansir dari Merdeka.com (23/01/2020).

  1. Penggantian Baterai

Penggantian baterai yang sederhana akan memperpanjang usia dan membuat smartphone bekerja dengan lancar, tetapi banyak pengguna yang tidak mengetahuinya.

Kay-Kay Clapp selaku direktur komunikasi dan advokasi di iFixit mengatakan pertukaran baterai lama ke baru dapat memperpanjang usia smartphone.

  1. Jangan Ragu Ganti Layar

Layar merupakan komponen lainnya yang dapat diperbaiki. Hal ini dapat dilakukan apabila kamu tidak sengaja menjatuhkan smartphone, kemudian menjadi retak atau pecah.

Layar memang merupakan salah satu komponen yang paling mahal, namun tetap lebih murah jika dibandingkan jika kamu membeli smartphone baru.

  1. Bersihkan Port

Hal-hal kecil seperti membersihkan port seringkali diabaikan oleh sebagian banyak orang. Membersihkan lubang atau port pengisian daya tidaklah memerlukan teknik khusus.

Kamu dapat membersihkannya dengan tusuk gigi secara perlahan, lalu membuang kotoran yang ada atau dengan pembersih khusus port. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: