Tiga Taktik Dalam Olahraga Bulu Tangkis Sektor Ganda

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 30 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pertandingan bulu tangkis sektor ganda seringkali membuat mata sukar berkedip lantaran adu kecepatan antarlawan.

Permainan sektor ganda memang menonjolkan kecepatan membaca arah bola dan kekuatan pukulan tiap pemainnya.

Kevin Sanjaya Sukamuljo contohnya, dia acapkali bergerak “mendahului” ke arah shuttlecock yang diarahkan oleh lawan.

Hasilnya, dia mampu lebih dulu di posisi yang enak untuk membuat pukulan keras.

Mengutip dari Kompas.com (29/10/2021), kecepatan, refleks pukulan, serta power (kekuatan) yang besar adalah tiga modal utama untuk bisa menjadi pemain ganda yang baik, meski footwork-nya kurang.

Adapun pukulan cepat yang dimaksud seperti drive, smash, return smash, servis, dan wiping (menyapu) adalah jenis pukulan yang mutlak harus dikuasai dengan terampil.

Selain itu, saat melakukan servis pendek pada nomor ganda dalam permainan badminton, maka seorang pemain akan menggunakan jenis pukulan backhand.

Terlepas dari ciri khas nomor ganda di atas, ada tiga taktik dalam pertandingan ganda, yakni menyerang, bertahan, dan kombinasi seperti yang dipaparkan dalam Modul Pembelajaran SMA PJOK Kelas XII.

Berikut ini yang termasuk taktik dan strategi dalam permainan bulu tangkis nomor ganda yaitu:

  1. Taktik samping kiri dan kanan

Menurut sistem ini lapangan di bagi menjadi 2 bagian yang sama besar. Setiap pemain menguasai setengah lebar lapangan dari depan sampai belakang.

Posisi ini dilakukan ketika pasangan menerima serangan lawan. Tujuannya, agar area terisi penuh karena dua orang menyebar di sisi kanan dan kiri.

Akan tetapi, kelemahannya yaitu apabila terdapat salah satu pemain yang memiliki kelemahan dalam bermain, maka pemain tersebut akan diserang terus menerus.

  1. Taktik depan dan belakang

Taktik ini menempatkan posisi pemain satu di depan dan satu di posisi belakang.

Pemain depan mempunyai tugas untuk mengambil kok yang berada di daerah dekat net dan pemain belakang mengambil kok yang mengarah ke daerah belakang sekaligus mengatur serangan lewat smash-nya.

Pembagian lapangan setengah dari panjang lapangan sendiri, dari depan net sampai setengah lapangan tugas pemain depan, dan setengah lapangan sampai belakang merupakan daerah bagian pemain belakang.

Pemain belakang dituntut memiliki stamina yang bagus karena ujung tombak serangan.

  1. Taktik campuran atau kombinasi

Taktik ini penggabungan antara taktik samping kanan-kiri, dan taktik depan-belakang.

Taktik ini lebih efektif digunakan saat bermain ganda, ketika menggunakan taktik campuran pada nomor ganda maka taktik bertahan yang paling tepat digunakan adalah taktik kanan kiri atau menyebar.

Namun saat melakukan serangan maka yang digunakan adalah taktik depan dan belakang. Hal yang tersulit dalam mengaplikasikan taktik ini adalah komunkasi yang baik antarpemain. (Uli)