Tiga Narapidana Kabur Dari Penjara Alcatraz Pakai Sendok

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 10 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, California – Tiga tahanan kabur dari penjara Alcatraz, California hanya bermodalkan sendok dan alat rakitan buatan sendiri pada 12 Juni 1962, tepat 58 tahun lalu.

Frank Lee Morris dan dua saudara lelakinya, Clarence dan John Anglin, semuanya dihukum karena perampokan bank, melarikan diri dari penjara di tengah pulau yang terkenal di San Francisco Bay.

Ketiganya bisa melarikan diri dari penjara yang terkenal dengan tingkat keamanannya sangat tinggi, demikian dikutip dari laman Liputan6.com (08/07/2020).

Sipir yang bertindak mengatakan bahwa mereka meletakkan kepala boneka — terbuat dari kertas toilet dan rambut asli — di tempat tidur mereka untuk mengelabui petugas penjara yang melakukan inspeksi malam hari.

Mereka kemudian membuka bagian belakang sel mereka dengan sendok yang tajam, merangkak keluar dan ke atap melalui saluran ventilasi, memanjat pipa ke tanah lalu berjalan ke pantai pulau.

Para pejabat penjara mengatakan, mereka menggunakan rakit darurat kayu apung dan jas hujan yang dijahit bersama untuk membuat ponton guna melayang menjauh dari Alcatraz.

Tahanan terkenal

Setidaknya 100 tentara bersenjata telah bergabung dengan polisi militer dalam perburuan mereka bertiga, terpidana yang mengenakan seragam penjara biru. Polisi telah memperingatkan anggota masyarakat untuk tidak mendekati mereka.

Pulau Alcatraz hanya berjarak 1,6 km dari daratan. Tapi perairan Teluk San Francisco berbahaya dan sangat dingin dan jika mereka jatuh ke air, ada sedikit peluang untuk bertahan hidup.

Alcatraz yang menampung sekitar 270 narapidana kakap, terkenal dengan tingkat keamanannya yang tinggi berkat struktur bangunan, serta isolasi mereka dari daratan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: