Tiga Manfaat Yang Bisa Dipetik Dari Kebiasaan Keramas Menggunakan Air Dingin

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 28 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bagi orang Indonesia, kebiasaan mandi dua kali sehari merupakan hal yang biasa dilakukan setiap hari. Hal ini biasa dilakukan baik saat cuaca cukup panas atau cukup dingin.

Pada pagi hari ketika cuaca masih dingin, mandi dan keramas menggunakan air panas merupakan pilihan yang cukup menyenangkan untuk menjaga kebersihan diri. Namun rupanya dibanding keramas menggunakan air panas, lebih banyak manfaat yang bisa diambil ketika keramas menggunakan air dingin.

Keramas dengan air dingin mampu menghadirkan sejumlah manfaat yang tak bisa diperoleh dari air panas. Dilansir dari Merdeka.com (26/12/2021), berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari keramas menggunakan air dingin.

  1. Melindungi Sebum

Sebum adalah minyak alami yang berfungsi untuk melindungi rambut dan kulit. Keramas dengan air panas sendiri dapat membuat rambut kering dan rusak. Sementara keramas dengan air dingin akan melindungi sebum, memperkuat rambut, dan mencegah kerontokan rambut.

  1. Menutup Kutikula Rambut

Kutikula berfungsi untuk membuat rambut agar terlihat lebih bersinar dan sehat. Keramas dengan air dingin sendiri akan membuat kutikula dapat tertutup.

  1. Tidak Membuat Rambut Berantakan

Tidak banyak yang tahu bahwa air panas mampu merusak kulit kepala dan mengurangi produksi minyak alami rambut. Hasilnya, rambut akan menjadi mudah berantakan saat kamu keramas dengan air panas.

Tiga manfaat tersebut dapat kamu petik dengan melakukan kebiasaan keramas menggunakan air dingin. Mengubah kebiasaan keramas dari biasanya menggunakan air panas jadi menggunakan air dingin dapat membantu merawat kesehatan rambutmu. (Uli)