Tiga Jalan Di Kota Bekasi Jadi Lokasi Penerapan Tilang Elektronik

FOTO: bekasi.beritasatu.com/indolinear.com
Kamis, 4 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Tilang elektronik atau ETLE (electronic traffic law enforcement) akan segera diterapkan di Kota Bekasi.

Awal penerapan tilang elektronik akan berlaku di 3 jalan protokol di Kota Bekasi, yaitu: Jalan Ir. Juanda, Jalan I Gusti Ngurah Rai (Jalan Baru Bintara), dan Jalan Ahmad Yani.

Kamera yang terpasang di 3 jalan itu akan dipantau langsung oleh polantas dan juga Dinas Perhubungan.

“Dalam minggu ini segera mungkin kita akan bicarakan karena kan harus kerja sama dengan Dishub,” ucap Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Alfian Nurrizal, baru-baru ini.

Nantinya, Dishub bertugas mengamati sedangkan polisi memberikan sanksi tilang apabila terdapat pelanggaran oleh premotor, dilansir dari Bekasi.pojoksatu.id (03/02/2021).

Sudah direncanakan sejak 2019

Pemkot Bekasi sudah berencana memasang CCTV khusus tilang yang dapat digunakan untuk aplikasi tilang elektronik.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi saat itu, Yayan Yuliana, mengatakan ada 39 titik CCTV di Kota Bekasi dan dia berencana menambaah 3 sampai 5 titik CCTV khusus.

Waktu itu, Dishub dan Satlantas Polres Metro Bekasi berencana mencari mana CCTV yang tersedia dapat digunakan untuk tilang elektronik.

Kabupaten Bekasi sudah uji coba terlebih dahulu

Begini Penampakan Surat Tilang Elektronik Buat Pelanggar di BekasiContoh surat e-tilang untuk pelanggar.

Dalam hal ini, Kabupaten Bekasi sudah selangkah di depan dengan menguji coba tilang elektronik di Simpang SGC, Cikarang Utara, pada 7 Maret 2020.

Saat itu, kamera CCTV khusus mampu mendeteksi plat nomor kendaraan dari jarak jauh. Setelah pelanggaran terdeteksi, polisi akan mencari data pemilik kendaraan lalu mengirimkannya kepada pemilik.

Meski demikian, belum terlihat penerapan tilang elektronik setelah uji coba itu terlaksana. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: