Tiga Hal Yang Menyebabkan Perut Jadi Penuh Gas

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 14 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bagi banyak orang, malam hari sebelum waktu tidur merupakan waktu santai sebelum kantuk menjelang. Namun bagi beberapa orang, waktu sebelum tidur ini malah jadi waktu untuk berulang kali kentut dan menembakkan bau busuk ini banyak kali.

Walau pada beberapa orang kadang kasus yang dialami tak bakal separah ini, namun kondisi ini cukup umum. Secara umum, hal ini merupakan kondisi perut kembung akibat banyaknya gas.

Kondisi ini menyebabkan seseorang bakal terganggu dan kesulitan untuk tidur. Sejumlah hal bisa menyebabkan seseorang memiliki banyak kandungan gas di dalam perutnya.

Setidaknya terdapat sejumlah penyebab umum terjadinya kondisi ini. Dilansir dari Merdeka.com (12/09/2021), berikut sejumlah alasan mengapa perut bisa jadi penuh gas di malam hari.

Konsumsi Makanan Berat

Penumpukan gas merupakan sebuah kondisi tubuh yang normal terjadi. Bakteri sehat yang berada di dalam tubuh bisa membantu kita mencerna makanan, memproduksi gas di sistem pencernaan sepanjang hari.

Sejumlah gas ini diserap oleh bakteri sedangkan sisanya dikeluarkan melalui sendawa atau kentut. Setelah mengonsumsi makanan berat, kondisi perut penuh gas ini sangat rawan terjadi.

Penumpukan Gas Sepanjang Hari

Bahkan ketika seseorang baru saja makan malam yang ringan-ringan, penumpukan gas sepanjang hari bisa menyebabkan masalah ini. Bakteri sehat usus membutuhkan setidaknya enam jam untuk mencerna makanan sepenuhnya. Makanan yang kamu konsumsi selama enam jam terakhir bisa sangat mempengaruhi masalah ini.

Konsumsi Makanan Berserat

Konsumsi makanan berserat merupakan sebuah hal yang sangat baik bagi tubuh. Namun tanpa kamu sadari, hal ini juga bisa menyebabkan kondisi penuh gas di dalam perut sehingga kamu sering kentut-kentut. Pada beberapa kondisi, tubuh tidak mampu mencerna serat sepenuhnya sehingga menyebabkan terjadinya hal ini.

Untuk mengatasi kondisi penuh gas yang kamu alami ini, terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan. Pertama adalah berjalan kaki setidaknya selama 20 menit sebelum tidur.

Kedua adalah konsumsi lebih banyak air untuk membuat pencernaan bekerja dengan tepat. Ketiga adalah pastikan agar jarak dari waktu makan satu ke selanjutnya tidak terlalu lama. (Uli)