Tiga Gunung Tertinggi Di Indonesia Yang Jadi Favorit Pendaki

FOTO: net/indolinear.com
Senin, 3 Agustus 2020
Nusantara | Uploader puspita
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Gunung menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya orang Indonesia saja yang ingin melakukan pendakian di gunung Indonesia tetapi warga asing juga.

Pulau Jawa memiliki beberapa gunung tinggi. Berikut tiga gunung tertinggi di indonesia yang jadi favorit pendaki.

Gunung Semeru (Mahameru)

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung ini terletak di Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung ini lebih sering disebut dengan Mahameru atau Gunung Agung.

Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Gunung Semeru termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki keindahan yang sangat istimewa. Sebelum melakukan pendakian diwajibkan menyiapkan fisik dan mental yang kuat. Keindahan yang dapat kita dapatkan saat mendaki yaitu pada saat kita berada di Ranu Kumbolo. Tempat ini banyak menjadi incaran bagi para pendaki selain utuk mencapai puncak Gunung Semeru.

Gunung Slamet

Gunung Slamet memiliki predikat sebagai atap Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Gunung ini berada di 5 kabupaten, yakni Purbalingga, Banyumas, Pemalang, Tegal, dan Brebes. Para pendaki biasanya melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Slamet melalui jalur Bambangan yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang masih aktif. Saat sampai puncak, pendaki bisa melihat kawah aktif yang mengeluarkan asap. Bagi para pendaki harus selalu waspada jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Slamet. Karena sewaktu-waktu gunung bisa saja mengalami erupsi dan itu menjadi masalah serius dan membahayakan bagi para pendaki.

Medan jalan Gunung Slamet cukup sulit, karena jalur didominasi berupa batu, pasir, dan kerikil. Kondisi itu membuat jalur licin dan mudah longsor.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing sebagai gunung tertinggi kedua setelah Gunung Slamet. Gunung ini terletak di 3 kabupaten, yaitu Temanggung, Wonosobo, dan Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Sumbing memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Kawah, Puncak Buntu, Puncak Sejati, dan Puncak Rajawali. Titik tertinggi puncak gunung ini adalah Puncak Rajawali. Gunung ini memiliki keindahan yang sangat istimewa. Para pendaki akan disajikan dengan sabana yang luas dan lautan awan yang indah.

Jalur yang sering dilalui oleh pendaki biasanya melalui Dusun Garung, Desa Butuh Kecamatan Kalikajar, Wonosobo. Karena Basecamp Garung dekat dengan jalan utama Wonosobo-Temanggung sehingga moda transportasinya mudah. Bagi kalian yang ingin melakukan pendakian dan ingin melewati jalur Via Garung, diwajibkan untuk mempersiapkan fisik yang matang, karena jalur yang dilalui sangat terjal dan akan menghabiskan banyak tenaga.

Puncak Gunung Sumbing juga bisa diakses melewati jalur lain seperti Banaran di Temanggung, Bowongso di Wonosobo, dan Kaliangkrik di Magelang.(pit)

Di Karibia ada tempat wisata pantai yang jadi favorit wisatawan. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: