Tiba di UEA, Menlu Lapid Meresmikan Kedutaan Israel Pertama Di Teluk

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 1 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Abu Dhabi – Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid membuka kedutaan besar negara Yahudi pertama di Teluk selama perjalanan ke Uni Emirat Arab (UEA), pada Selasa (29/6/2021) setelah  normalisasi hubungan tahun lalu.

Lapid mendarat di bandara Abu Dhabi tak lama setelah men-tweet foto dirinya di pesawat, dengan keterangan: “Lepas landas untuk kunjungan bersejarah ke UEA.”

Ini adalah perjalanan resmi pertamanya setelah dilantik menjadi Menlu Israel.

“Pembukaan Kedutaan Besar Israel di Abu Dhabi dengan Menteri Kebudayaan dan Pemuda Emirati,” kicaunya dengan foto dirinya dan Menteri UEA Noura Al-Kaabi saat peresmian, seperti dilansir dari Tribunnews.com (30/06/2021).

Para menteri Israel sebelumnya telah mengunjungi UEA, tetapi Lapid yang baru ditunjuk adalah orang Israel paling senior yang melakukan perjalanan, dan yang pertama melakukan perjalanan dalam misi resmi.

“Israel menginginkan perdamaian dengan tetangganya. Dengan semua tetangganya,” ucap Lapid.

Sejak perjanjian normalisasi diprakarsai Amerika Serikat (AS) diumumkan pada Agustus tahun lalu, Israel dan UEA telah menandatangani sejumlah kesepakatan mulai dari pariwisata hingga penerbangan dan layanan keuangan.

Dalam kunjungannya, Lapid akan meresmikan kedutaan Israel di Abu Dhabi serta konsulat di Dubai.

Kunjungan Lapid datang hampir setahun setelah dua negara bergerak maju untuk menormalkan hubungan.

Setelah itu serangkaian kunjungan oleh pejabat Israel yang direncanakan kemudian dibatalkan atas isu-isu tertentu termasuk pandemi Covid dan konflik diplomatik.

Pada bulan Maret, kunjungan resmi yang direncanakan oleh perdana menteri Israel saat itu Benjamin Netanyahu dibatalkan karena “perselisihan” dengan Yordania atas penggunaan wilayah udaranya, menurut pejabat Israel.

Netanyahu, digantikan sebagai Perdana Menteri oleh seorang nasionalis Yahudi, Naftali Bennett.

PERDAMAIAN

Menurut harian Jerusalem Post, Netanyahu berusaha mencegah menteri luar negerinya Gabi Ashkenazi melakukan kunjungan resmi ke UEA, untuk mencegah tudingan curi start menjelang pemilu Maret.

Menteri pariwisata saat itu Orit Farkash-Hacohen, yang sekarang menjadi menteri sains dan teknologi, dilaporkan juga harus membatalkan perjalanan.

Pada Agustus 2020, mantan penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner dan penasihat keamanan nasional Israel Meir Ben-Shabbat membuat sejarah terbang ke Abu Dhabi dengan pesawat El Al dari Israel.

Sejarah itu dihiasi oleh kedua belah pihak sebagai terobosan dalam upaya perdamaian di Timur Tengah, ditandai dengan pesawat jet El Al yang menyentuh landasan yang dihiasi dengan kata “perdamaian” dalam bahasa Inggris, Arab dan Ibrani.

Kesepakatan normalisasi antara Israel dan UEA, serta Bahrain, Maroko dan Sudan, telah dikutuk oleh palestina.

Mereka dituding melanggar kebijakan Liga Arab bertahun-tahun yang telah menyatakan bahwa seharusnya tidak ada hubungan dengan Israel sampai berdamai dengan rakyat Palestina.

Pada Oktober 2018 Netanyahu mengunjungi tetangga Teluk UEA, Oman bersama dengan istrinya dalam upaya untuk memulai kembali proses perdamaian Israel-Palestina yang macet.

Lapid adalah mantan presenter televisi  yang dengan gigih menyatukan koalisi baru Israel, mengakhiri pemerintahan Netanyahu yang sudah lebih dari satu dekade sebagai perdana menteri. (Uli)

loading...