Thomas Alva Edison Ciptakan Fonograph yang Mengubah Industri Rekaman Suara

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 12 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – 12 Agustus 1877 adalah hari saat Thomas Alva Edison menyelesaikan model pertama dari fonograph yang direkam dan dimasukan ke silinder kertas timah. Namun model itu baru benar-benar selesai pada November – Desember 1877. Hal ini dikarenakan dirinya baru mematenkan temuannya pada 24 Desember 1877.

Saat bekerja untuk meningkatkan efisiensi pemancar telegraf, Edison mencatat bahwa pita mesin mengeluarkan suara yang menyerupai kata-kata yang diucapkan saat diputar dengan kecepatan tinggi, seperti yang dikutip dari Liputan6.com (10/09/2020).

Edison mulai bereksperimen dengan diafragma penerima telepon dengan memasang jarum padanya. Dia beralasan bahwa jarum dapat menusuk pita kertas untuk merekam pesan. Eksperimen itu membuatnya mencoba stylus pada silinder kertas timah, yang, sangat mengejutkannya, memutar ulang pesan singkat yang dia rekam, “Mary had a Little Lamb.”

Dapat Julukan The Wizard of Menlo Park

Karena penemuannya itu begitu menarik banyak orang, Thomas Alva Edison mendapatkan julukan “The Wizard of Menlo Park” atau disebut dengan tukang sihir dari Menlo Park. Industri rekaman suara dunia pun berubah karena fonograf dari Thomas Alva Edison.

Temuan Thomas ini kerap digunakan dalam dunia hiburan, terutama sektor komedi, dan konser. Masih ada beberapa hiburan lainnya yang menggunakan perekam suara temuan Thomas ini, seperti opera, dan masih banyak lagi. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: