Thailand Masters 2019, Alfian/Gischa Kerja Keras Untuk Tembus Babak Kedua

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 10 Januari 2019

Indolinear.com, Bangkok – Pasangan ganda campuran nasional Indonesia, Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami, harus bekerja keras untuk dapat melewati babak pertama turnamen bulu tangkis Thailand Masters 2019.

Bertanding melawan pasangan beda negara, Mohamad Arif Abdul Latif Arif/Rusydina Antardayu Riodingin (Malaysia/Indonesia), di lapangan 3 Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Selasa (8/1/2019), Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami menang dengan skor 21-18, 18-21, 21-17, dilansir dari Kompas.com (09/01/2019).

Kemenangan tersebut menjadikan Alfian/Gischa sebagai wakil Indonesia pertama yang lolos ke babak kedua Thailand Masters 2019. Mereka akan melawan unggulan ketujuh dari Malaysia, Chen Tang ie/Yen Wei Peck, untuk memperebutkan tiket perempat final.

Jalannya pertandingan

Duel antara Alfian/Gischa dan Arif/Rusydina berjalan sengit sejak gim kesatu. Kedua pasangan saling bergantian mendulang poin mulai dari kedudukan 1-1 hingga 9-9.

Dua poin beruntun yang diraih Arif/Rusydina membawa mereka mencapai fase interval dengan keunggulan 11-9. Selepas jeda, Arif/Rusydina melanjutkan perolehan poin beruntun mereka hingga unggul 16-9.

Namun, Alfian/Gischa yang tak mau kalah begitu saja perlahan memangkas selisih skor dengan Arif/Rusydina. Momentum Alfian/Gischa akhirnya tiba setelah mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 17-17 dan 18-18.

Tiga poin beruntun yang dipetik Alfian/Gischa memastikan mereka memenangi gim kesatu. Unggul satu gim tak lantas memudahkan perjuangan Alfian/Gischa pada gim kedua. Seperti pada awal gim pembuka, duel Alfian/Gischa dan Arif/Rusydina juga sempat berjalan ketat.

Namun, Alfian/Gischa mampu lebih dulu melepaskan diri dari tekanan pasangan lawan dan mencapai fase interval dalam keadaan unggul 11-7. Memasuki paruh akhir gim kedua, irama permainan Alfian/Gischa mulai goyah.

Mereka pun berbalik tertinggal 14-16 setelah Arif/Rusydina memetik empat poin secara beruntun. Keadaan ini berlanjut sampai akhir gim kedua. Alhasil, laga harus diteruskan ke gim ketiga yang menjadi penentuan. Pada gim ketiga, Alfian/Gischa sempat tertinggal 5-10 dari Arif/Rusydina.

Namun, tiga poin beruntun yang mereka raih berhasil menipiskan jarak menjadi 8-10. Baca juga: SEA Games Wajib Prioritaskan Atlet Muda ketimbang Senior Alfian/Gischa kemudian berbalik unggul setelah memetik lima poin beruntun pada kedudukan 8-12.

Setelah itu, Alfian/Gischa terus berada dalam posisi memimpin atas Arif/Rusydina. Alfian/Gischa akhirnya mengunci kemenangan setelah meraih dua poin beruntun pada kedudukan 19-17. (Uli)