Tesla Berencana Berinvestasi Lagi Di Indonesia, Menko Luhut Ajukan Syarat

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 2 April 2022

Indolinear.com, Jakarta – Merek mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla kembali berencana untuk investasi di Indonesia. Hal tersebut, disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, di sela-sela acara Closing Ceremony Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2022.

Namun, Luhut menegaskan jika niat Tesla untuk terjun di bisnis otomotif Tanah Air ini tidak akan mudah, dan harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh pihak pemerintah Indonesia.

“Tadi pagi, saya ditelepon dari Amerika, Tesla bilang dia mau bikin deal sama kita,” ujarnya, dilansir dari Liputan6.com (31/03/2022).

Luhut menegaskan, dua tahun lalu, perusahaan milik Elon Musk ini juga sempat menyatakan untuk masuk ke Indonesia untuk pengembangan baterai lithium ion. Namun, rencana tersebut batal karena jenama asal negeri Paman Sam ini terlalu banyak mendikte.

“Saya bilang, Hey Anda itu dua tahun yang lalu sudah telepon saya mau bikin lithium baterai. Anda semua mau mendikte, saya bilang Hey you cannot do this. Today is different. Kita harus sama. Saya bilang kamu enggak bisa begitu lagi. This country is not banana republic, this country is a great country,” tegasnya.

Mengikuti syarat

Luhut juga menegaskan, Tesla harus mengikuti syarat yang diberikan oleh pemerintah Indonesia dan hal tersebut juga diterapkan kepada investor lain, termasuk dari Cina.

“Saya nggak mau kalu datang deal, jangan kau (Tesla) yang bikin syarat ke kami. Saya yang bikin syarat ke kamu, karena itu yang saya lakukan kepada Tiongkok. Tidak pernah Tiongkok kasih syarat ke saya, saya kasih syarat. Kau mau nggak, kalau kita harus B to B? Harus technology transfer, harus first class technology, harus yang ramah lingkungan. Dia bilang mampu, oke deal,” pungkas Luhut. (Uli)

loading...