Tesla Akhirnya Memperkenalkan Truk Listrik Super Canggih

liputan6com/indolinear.com
Rabu, 29 November 2017
loading...

Indolinear.com, California – Perusahaan mobil listrik Tesla, akhirnya memperkenalkan truk listriknya yang diberi nama Semi. Truk terbaru yang diluncurkan di Hawthrome, California, Amerika Serikat, diklaim menjadi truk masa depan.

Dilansir dari Liputan6.com (27/11/2017), truk Semi diklaim mampu mencapai jarak tempuh hingga 804 km jika baterai terisi penuh, serta mempunyai daya angkut hampir 40 ton.

Menariknya, jika pengemudi truk Semi mengisi ulang baterai di Megacharger milik Tesla selama 30 menit, setidaknya truk tersebut dapat dipacu hingga 643 km.

Tak hanya itu, Semi juga disebut mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu lima detik. Angka truk listrik ini lebih cepat dari truk Diesel pada umumnya yang hanya mencatatkan waktu 20 detik.

Menurut Chief Executive Officer Tesla, Elon Musk, Tesla Semi yang memiliki enam roda dilengkapi empat motor listrik independen yang menyuplai daya listrik dari baterai ion lithium ke empat roda di bagian belakang.

Truk Tesla Semi disebut tidak akan mengalami gejala jackknife yang mungkin terjadi pada truk-truk besar. Hal ini karena roda belakang independen yang dapat menyesuaikan torsi secara dinamis ke setiap roda.

Tesla Semi juga dilengkapi Enhanced Autopilot sebagai fitur standar, serta beberapa teknologi lainnya seperti Automatic Lane Keep Assisst serta Autonomous Braking.. (Uli)

loading...