Tertusuk Cangkang Udang, Jari Pria Ini Harus Segera Diamputasi

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 20 Oktober 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kadangkala hal kecil yang tak terduga bisa berakibat fatal bagi tubuh. Seperti yang dialami pria asal Singapura ini. Dia harus merelakan jari tangannya diamputasi setelah tanpa sengaja tertusuk ketika tengah membersihkan udang.

Dilansir dari Dream.co.id (18/10/2020), tusukan tersebut ternyata membuat jarinya terinfeksi oleh bakteri pemakan daging yang tumbuh pada tubuh udang, Vibrio Vulnificus.

Pada awalnya, pria tersebut tidak merasa ada yang salah dengan jarinya, karena sebelumnya dia juga telah beberapa kali tertusuk saat membersihkan udang.

Jari Menghitam dan Demam

Namun, ternyata tusukan kali ini beberda dan membuat jarinya menghitam pada hari berikutnya serta disusul dengan demam ringan. Ia kemudian langsung pergi ke klinik 24 jam di Toa Payoh dan langsung dirujuk untuk segera pergi ke rumah sakit.

Segera setelahnya, pria itu kemudian ke rumah sakit dan harus menjalani operasi pada malam yang sama dan dirawat di rumah sakit selama tujuh hari setelahnya, termasuk dua hari di unit perawatan intensif.

Beruntung, Bisa Saja Lengan yang Diamputasi

Beruntungnya pria itu langsung bergegas ke rumah sakit. Jika tidak, menurut dokter, ia bisa kehilangan seluruh lengannya atau bahkan mati ketika bakteri Vibrio vulnificus mencapai ketiaknya.

Akibat insiden itu, korban kemudian meminta orang lain untuk berhati-hati saat membersihkan udang mentah atau makanan laut.

Bakteri Mematikan

Menurut Centers For Disease Control and Prevention, Vibrio vulnificus adalah sejenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi yang terdapat pada makanan laut mentah atau setengah matang. Infeksi ini juga dapat terjadi melalui luka terbuka jika luka bersentuhan dengan makanan laut mentah atau kurang matang, menetes atau dengan air asin.

“ Satu spesies, Vibrio vulnificus, bahkan dapat menyebabkan infeksi luka yang mengancam jiwa. Banyak orang dengan infeksi Vibrio vulnificus memerlukan perawatan intensif atau amputasi anggota tubuh, dan sekitar satu dari lima orang dengan infeksi ini meninggal, kadang-kadang dalam satu atau dua hari menjadi sakit,” kata CDC.

Beberapa infeksi Vibrio vulnificus menyebabkan necrotizing fasciitis, infeksi parah yang menyebabkan daging di sekitar luka terbuka mati. Beberapa laporan media menyebut jenis infeksi ini disebabkan bakteri pemakan daging, meskipun fecciitis nekrotikan dapat disebabkan oleh lebih dari satu jenis bakteri. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: