Teror Pencurian Roda Mobil Kembali Marak, Harap Waspada

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 9 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Beberapa waktu lalu teror pencurian roda mobil yang meliputi pelek dan ban terjadi di Indonesia dan juga negara lain. Dan baru-baru ini, pencurian roda ini terjadi di Swedia.

Porsche Panamera lah menjadi sasaran maling roda. Dilansir dari Carscoops, beberapa foto yang dibagikan melalui Facebook GTBoard menunjukkan Porsche Panamera yang bertumpu pada rotor remnya.

Keempat roda mobil pabrikan Jerman itu hilang digondol maling. Diketahui hal tersebut terjadi di Stockholm, Swedia dan diduga bahwa di parkiran pribadi.

Foto-foto yang dibagikan tampak diambil di hari yang berbeda. Terlihat pada foto pertama mobil tersebut masih bertumpu pada rotor rem. Sementara itu pada foto berikutnya, Panamera itu sudah bertumpu pada dua palet kayu.

Tampaknya pemilik mobil yang melakukan itu, agar mobilnya tak rusak. Kemungkinan pencuri sudah menjualnya dengan harga tak terlalu mahal asalkan cepat laku.

Ban Kia dan Hyundai Diganti Batu-Bata

Ban sekaligus velg mobil Hyundai Creta dan Kia Seltos jadi incaran maling. Kedua mobil itu kehilangan kaki-kakinya dan diganti menggunakan batu-bata.

Dilansir dari Liputan6.com (07/02/2021), pada foto yang beredar tampak Hyundai Creta masih dalam kondisi baru. Bahkan pita dari showroom pun masih utuh. Sedangkan Kia Seltos sedikit lebih tua.

Maling disebut menggunakan dongkrak hidrolik untuk mengangkat kendaraan lalu mencuri keempat roda. Meski mobil sudah memiliki sistem keamanan yang baik, tapi mendeteksi pelepasan roda bukan termasuk di dalamnya.

Itu mengapa pencurian roda dan velg masih marak. Terlebih komponen itu bisa menghasilkan uang dengan cepat.

Kondisi ban yang masih sangat bagus bisa menghasilkan uang yang cukup. Sedangkan velg bisa dipastikan akan memiliki harga tinggi. Pasalnya kedua mobil itu memiliki desain velg yang baru dan tentu saja sedang diminati di pasar.

Tips Mencegah Kemalingan Ban dan Pelek Mobil

Agar mobilmu tak menjadi korban ‘ganjal bata’ seperti itu, kamu perlu menambah sistem keamanan pada mobilmu. Parkirlah di tempat yang lebih aman dan terang, mengingat pencuri kerap beraksi pada malam hari.

Parkir di tempat yang dijangkau CCTV akan lebih baik. Selain itu juga coba pasang alarm sensor gerak dan sensor kemiringan mobil.

Sehingga alarm bisa berbunyi jika kendaraan berubah posisi atau ada orang disekitarnya. Tips lainnya yakni menambah mur roda khusus yang hanya bisa dibuka menggunakan kunci tertentu.

Sistem itu dimiliki oleh mobil pabrikan kelas atas seperti BMW dan Mercedes-Benz. Membeli peralatan tambahan seperti itu memang cukup menguras dana. Tapi akan lebih baik karena mobil lebih terlindungi. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: