Ternyata Ini Lima Manfaat Kesehatan Jika Anda Bernyanyi Saat Mandi

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 5 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Tanpa disadari, banyak orang terbiasa menyanyi ketika sedang mandi di kamar mandi tanpa peduli bagaimana kualitas suara mereka.

Jika orang tersebut biasanya tidak percaya diri untuk bernyanyi di tempat lain terutama tempat umum, tentu akan berbeda jika ia sedang bernyanyi di kamar mandi. Rasa percaya dirinya pun meningkat.

Tak disangka, kebiasaan ini ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

Mengutip dari Liputan6.com (03/06/2022), berikut adalah 5 manfaat kesehatan bagi tubuh jika Anda bernyanyi di kamar mandi:

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Bernyanyi memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran sehingga dapat membantu menormalkan tekanan darah. Kebiasaan ini juga dapat mengurangi kortisol, hormon yang meningkatkan tekanan darah dan gula darah.

Kortisol tingkat tinggi dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, stres, stroke, dan diabetes tipe 2.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Bernyanyi dapat membantu kita melawan virus, menurut para ilmuwan. Ini meningkatkan imunoglobin A yang melindungi kita dari infeksi.

  1. Mengurangi Stress

Penelitian lain di Swedia menunjukkan bahwa bernyanyi memiliki efek menenangkan dan dapat memperlambat detak jantung. Ini juga membantu tubuh Anda melepaskan oksitosin yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dan melawan kecemasan.

Oksitosin dikenal sebagai bahan kimia pengikat dan sering kali dilepaskan saat berhubungan dengan orang lain.

Bernyanyi di kamar mandi bisa mengurangi perasaan Depresi atau kesepian, dan bisa memberi Anda perasaan yang sama saat memeluk orang yang Anda cintai.

  1. Dapat Mengurangi Nyeri

Kesehatan fisik dan psikologis kita saling terkait. Menyanyikan lagu favorit dapat menenangkan Anda dan juga dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit.

Bernyanyi juga meningkatkan ketegangan otot dan mendorong tubuh Anda untuk melepaskan endorfin dan menghilangkan sensasi yang tidak menyenangkan.

  1. Membantu Anda Tetap Bugar

Saat Anda bernyanyi, Anda menggunakan banyak otot di wajah dan leher. Bernyanyi membuat otot yang berada di antara tulang rusuk Anda bekerja, dan itu bahkan lebih baik daripada olahraga.

Latihan lain tidak dapat menjangkau bagian-bagian tubuh ini, dan itu menjadikan bernyanyi di kamar mandi salah satu cara termudah dan paling menyenangkan untuk menjaga kebugaran. (Uli)

loading...