Ternyata Ada Tiga Tempat Penangkaran Buaya Di Indonesia

FOTO: net/indolinear.com
Selasa, 14 Juli 2020
Nusantara | Uploader puspita
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Buaya termasuk hewan buas yang ditakuti oleh sesama hewan. Ketika sudah mendapati mangsanya hewan reptil ini akan melahap mangsanya.

Namun di balik buasnya hewan tersebut, buaya menjadi komoditas yang cukup mahal. Dari kulit buaya bisa menghasilkan tas, dompet atau ikat pinggang dengan harga mahal. Beberapa penangkaran juga dibuat untuk mengembangbiakan buaya.

Berikut ini adalah tiga penangkaran yang ada di Indonesia.

Taman Buaya Asam Kumbang

Taman buaya ini memiliki jumlah buaya terbanyak se-Asia Tenggara. Karena Taman Buaya Asam Kumbang ini memiliki luas sekitar dua hektar dengan jumlah buaya hingga ribuan.

Taman Buaya Asam Kumbang terletak di Jalan Bunga Raya Kecamatan Medan Selayang No.59 Desa Asam Kumbang sekitar lima kilometer dari pusat Kota Medan. Karena banyaknya jumlah buaya, pihak pengelola harus memberikan satu ton bebek atau ayam dalam sekali makan.

Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya terletak di Bekasi. Tempat ini memiliki penangkaran buaya dari tiga jenis buaya di Indonesia yakni, Buaya Kalimantan, Sumatera dan Irian Jaya. Kondisi di penangkaran ini sungguh memprihatinkan. Di beberapa titik di penangkaran kamu akan melihat besi-besi berkarat. Guna memberi makan ratusan buaya di sana, pihak pengelola hanya mengharapkan sumbangan dari peternak ayam yang peliharaannya mati.

Taman Buaya Tanjung Pasir

Penangkaran ini terletak di Kabupaten Tangerang. Meski luasnya 5 hektar buaya yang ada di Taman Buaya Tanjung Pasir hanya berjumlah ratusan. Bagi yang belum tahu taman buaya ini masih ada hubungannya dengan taman buaya yang ada di Bekasi. Di taman buaya ini ada 4 jenis buaya yang dibiakan yakni buaya Irian, buaya Sumatra, buaya air tawar, serta buaya air payau. Bagi yang ingin berkunjung pihak pengelola mematok tarif sebesar Rp 8 ribu untuk satu orang dewasa dan Rp 4 ribu untuk anak.(pit)

Jika di Indonesia ada penangkaran buaya, negara Thailan juga punya tempat suaka gajah yang dilindungi. Mau tahu apa saja? Simak berita berikut ini.

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: