Terminal Tipe A Pondok Cabe Resmi Beroperasi

FOTO: tangerangselatankota.go.id/indolinear.com
Minggu, 6 Januari 2019

Indolinear.com, Tangsel  – Terminal Tipe A Pondok Cabe yang berlokasi di Jl. Kemiri Raya, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) resmi beroperasi sejak Senin, 31 Desember 2018.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menjelaskan, merujuk pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Terminal Pondok Cabe merupakan terminal tipe A yang kewenangannya dilimpahkan kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

“Dengan luas kurang lebih 25.995 m2 terdiri dari bangunan utama seluas 2.550 m2, Terminal Angkutan Dalam Kota seluas 1.125 meter persegi, Terminal Bus Antar Kota dengan luas 2.500 m2 + 2.870 m2 serta 1.800 m2,” jelasnya.

Menurutnya, diperlukan terobosan-terobosan supaya masyarakat mau beralih menggunakan angkutan umum. Selain itu, prasarana seperti terminal merupakan faktor penting dalam menumbuhkan minat masyarakat untuk mau beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum massal.

“Salah satunya adalah mendekatkan layanan angkutan umum massal supaya masyarakat mudah dalam mengaksesnya. Saat ini kota berusaha untuk memasukkan angkot ke Terminal Tipe A ini. Nanti kita coba masukkan Trans Anggrek,” papar Bambang dilansir dari tangerangselatankota.go.id.

Sementara Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan daerah ini sebagai perbatasan Banten dan Jawa Barat. Sebagai hasil ruislag, maka aset ini beralih menjadi aset Pemkot Tangsel dengan luas awal sekitar 2,5 hektar.

“Dibangun 3 tahap sejak tahun 2015 menggunakan anggaran hibah Provinsi DKI, dengan komitmen dibangunkan Terminal Pondok Cabe. Saya pesan jaga terminal sehingga dapat beroperasi secara optimal,” pesannya kepada masyarakat.

Selain peresmian Terminal Pondok Cabe Tipe A, ada pula flag off layanan Jabodetabek Airport Connection dengan rute Terminal Pondok Cabe-Bandara Soekarno Hatta serta layanan Transjabodetabek Premium dan Reguler serta pre launching system electronic payment oleh PPD sebagai salah satu bentuk inovasi layanan melalui single e-ticketing.

Baca Juga :  Tangsel Raih Peringkat Pertama Hasil  Rata-Rata UN Terbaik

Selain itu ada 33 PO bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) siap melayani masyarakat yang hendak bepergian dari terminal Pondok Cabe menuju kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur maupun Daerah lstimewa Yogyakarta.

Wakil Walikota Benyamin sempat meninjau lokasi terminal, seperti tempat penjualan tiket dan juga gedung perpustakaan yang terletak di lantai 2 terminal Pondok Cabe.

Dalam kunjungannya ke tempat penjualan tiket, ia mengatakan sangat mengapresiasi para PO armada bus yang sudah menggunakan sistem online yakni, Pahala Kencana.

“Jadi lebih tertata, penumpang juga bisa memilih tempat duduk atau kursi yang diinginkan,” ujar Benyamin.

Kemudian ia menuju ruang perpustakaan. Didalamnya, terdapat beberapa buku serta mainan anak-anak. Benyamin juga mengaku, fasilitas perpustakaan ini seperti layaknya Bandara dan akan mendorong Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tangsel.

“Saya pikir ini bagus, sama seperti bandara. Nanti saya akan koordinasikan ke Dinas Perpustakaan untuk bisa membantu kelengkapan buku di perpustakaan,” bebernya.

Dengan adanya tambahan fasilitas perpustakaan diharapkan mampu menyerap animo masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dengan jargon “Ayo Masuk Terminal”.(pit)

%d blogger menyukai ini: