Terenyuh Lihat Presiden Jokowi Usap Wajah di Pemakaman Ibunda

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 27 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Raut wajah sedih yang tampak pada Presiden Joko Widodo ( Jokowi) membuat Ustaz Yusuf Mansur terenyuh.

Pasca kepergian sang ibunda, Presiden Jokowi seolah tak bisa menyembunyikan perasaan sedihnya.

Hal tersebut terlihat dari sebuah foto yang diambil pasca Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notohardjo berpulang.

Diwartakan sebelumnya, Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo meninggal dunia pada pukul 16.45 WIB, Rabu (25/3/2020).

Sudjiatmi Notomihardjo meninggal dunia pada usia 77 tahun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar jumpa pers terkait meninggalnya sang ibunda, Sujiatmi Notomiharjo di rumah duka Jalan Pleret Raya No 9 A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/3/2020) malam.

Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal dunia di rumah sakit pukul 16.45 WIB setelah menjalani perawatan karena sakit kanker.

“Tadi sore pada pukul 16.45 WIB berpulang kehadirat Allah SWT ibunda kami, Bu Sujiatmi Notomiharjo, yang kita tahu bahwa ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker,” kata Jokowi, di Solo, Jawa Tengah, Rabu malam, dilansir dari Tribunnews.com (26/03/2020).

Sebelum dirawat di RST Slamet Riyadi Solo, Sujiatmi pernah dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

“Kita semuanya sudah berusaha, berikhtiar, berobat utamanya di RSPAD Gatot Subroto tapi memang Allah sudah menghendaki,” kata Jokowi. (KN)

“Atas nama keluarga besar saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan khusnul khotimah,” ucap Jokowi.

Presiden Jokowi pun mengikuti semua rangkaian prosesi pemakaman sang ibu.

Bahkan ketika hari ini dikebumikan, Jokowi ikut turun langsung ke liang lahat guna mengantarkan sang ibu ke tempa peristirahatannya yang terakhir.

Kabar duka yang datang dari keluarga presiden itu sontak saja membuat publik ikut sedih.

Tak terkecuali pendakwah Ustaz Yusuf Mansur.

Rupanya, ada sebuah momen yang menjadi puncak kesedihan Ustaz Yusuf Mansur.

Yakni saat melihat sebuah foto yang menjadi viral di media sosial.

Foto tersebut memperlihatkan presiden Jokowi yang tampak seperti sedang mengusap air matanya.

Dalam foto tersebut tampak Presiden Jokowi sedang duduk sambil mengenakan kemeja warna putih dan sarung motif kotak-kotak.

Mengenakan masker, Presiden Jokowi terlihat mengusap matanya.

Sedih melihat raut wajah presiden Jokowi, Ustaz Yusuf Mansur pun mengurai ceritanya.

“Siapa yang ga kesentuh dg foto ini… Beliau nyaris hampir tiap hari telponan dg Ibundanya. Hampir tiap hari. Bukan saja saat menjadi Presiden. Tp jauh sblm itu, bila sdg tdk bersama Ibunda.

Tapi… Di tengah kesedihannya… Tidak ada lagi tempat curhatnya dan tempatnya minta doa… Di pundaknya msh jg pastinya mikirin bangsa dan negara,” tulis Ustaz Yusuf Mansur.

Tak cuma Ustaz Yusuf Mansur yang bersedih, juru bicara presiden Jokowi, Fadjroel Rachman juga mengurai perasaan yang sama.

Membagikan potret yang sama, Fadjroel Rachman turut mendoakan Jokowi.

Fadjroel Rachman berharap Jokowi bisa melewati semua ujian hidup dengan tabah dan sabar.

“Bapak Presiden @jokowi yang kami hormati. Kami sekeluarga merasakan kesedihan Bapak yang tak terlukiskan kehilangan Ibunda tercinta.Tapi kekuatan Bapak dalam menghadapi masalah seberat apapun, meyakinkan saya Bapak akan melewatinya dengan tabah & sabar,” tulis Fadjroel Rachman.

Presiden Jokowi Beri Salam Namaste ke Para Pelayat

Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengucapkan terima kasih kepada para pelayat yang hadir dalam prosesi pemakaman almarhumah sang ibunda, Sujiatmi Notomiharjo.

Melalui siaran langsung Breaking News Kompas TV, sekitar pukul 13.45 WIB, proses pemakaman jenazah almarhumah Sujiatmi Notomiharjo di TPU Mundu, Desa Selokaton, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020) telah selesai.

Presiden yang tampak mengenakan kemeja putih pun keluar meninggalkan pusaran makam sang ibunda.

Jokowi tampak didampingi putranya, Gibran Rakabuming Raka.

Pakaian Jokowi tampak berceceran tanah makam almarhumah Sujiatmi Notomiharjo.

Saat meninggalkan lokasi pemakaman, Presiden Jokowi memberikan salam namaste kepada para pelayat yang hadir di lokasi.

Ia tampak melirih kesejumlah tamu yang hadir di lokasi pemakam. Kedua tangan Presiden pun memberikan salam namaste kepada para tamu.

Sembari melangkahkan kaki menuju mobilnya, Kepala Negara terus memberikan salam namaste kepada para tamu yang hadir.

Ia pun tak memberikan keterangan kepada awak media yang hadir dan berlalu menumpangi mobil berwarna hitam.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensekneg) Pratikno mengajak masyarakat untuk mendoakan almarhumah ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo.

Secara khusus, Pratikno minta masyarakat mendoakan dari rumah masing-masing sehingga tidak perlu beramai-ramai datang melayat untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

“Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon berkenan berdoa dari rumah masing-masing, dan tidak perlu beramai-ramai melayat ke rumah duka atau ke pemakaman, karena kita tetap harus menjalankan physical distancing (jaga jarak,red),” kata Pratikno kepada wartawan, Kamis (26/3/2020).

Pratikno juga mengimbau, bagi masyarakat yang tetap berkeinginan hadir untuk tetap menerapkan physical distancing sesuai dengan imbauan pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19.

Sementera, Pratikno menyebut, Kepala Negara menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menyampaikan bela sungkawa dan mendoakan almarhumah Sudjiatmi Notomihardjo.

“Semoga Almarhumah husnul khotimah dan memperoleh tempat paling mulia di sisi Allah SWT. Amiin YRA,” ucap Pratikno. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: