Terapkan Tanda Tangan Elektronik, Pelayanan Perizinan Kabupaten Tangerang Jadi Lebih Cepat

FOTO: Dokumentasi DPMPTSP Kabupaten Tangerang for Indolinear.com

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang terus berupaya meningkatkan pelayanan publik, dengan menyempurnakan pengurusan perizinan secara online.

Melalui aplikasi Si Pinter, DPMPTSP Kabupaten Tangerang telah menerapkan program tanda tangan elektronik. Tanda tangan elektronik merupakan terobosan inovasi dari DPMPTSP Kabupaten Tangerang yang memanfaatkan teknologi informasi demi meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Penerapan tanda tangan elektronik bertujuan untuk lebih memaksimalkan kinerja sistem perizinan online terutama dalam pengesahan izin, sehingga dapat meminimalkan terjadinya keterlambatan penerbitan izin dan membantu meringankan Kepala DPMPTSP Kabupaten Tangerang.

Penerapan tanda tangan elektronik untuk izin yang diterbitkan tersebut, dilaksanakan atas dasar perjanjian kerja sama (PKS) antara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang dengan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara pada 26 November 2019.

Dengan adanya PKS ini, maka tanda tangan elektronik yang sudah diterapkan DPMPTSP Kabupaten Tangerang dijamin aman. Sebab, sudah menggunakan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara.

Adapun jenis-jenis perizinan yang sudah bisa dilakukan dengan tanda tangan elektronik, bisa dilihat di aplikasi sipinter.tangerangkab.go.id.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Tangerang Nono Sudarno mengatakan, pihaknya terus melakukan optimalisasi pelayanan perizinan dan non perizinan dengan penerapan tanda tangan elekronik ini. Menurutnya, dengan adanya tanda tangan elektronik ini pelayanan pembuatan izin akan lebih efisien dari segi waktu.

“Sudah pasti lebih cepat dari sebelumnya, karena dengan tanda tangan elektronik di mana pun saya berada bisa menandatangani dokumen perizinan jika memang sudah lengkap semua persyaratannya,” ujar Nono, Senin (23/3/2020).

Sebelum diluncurkan tanda tangan elektronik ini, lanjutnya, tanda tangan harus dilakukan di kantor. Maka dengan peluncuran program baru ini otomatis pelayanan akan makin cepat dan ketika ada yang datang mengurus izin bisa langsung segera ditandatangani.

“Selain itu, dengan tanda tangan elektronik DPMPTSP lebih menjamin keaslian dokumen perizinan khususnya tanda tangan,” tandas Nono.

Dia berharap, dengan adanya pelayanan berbasis elektronik yang sudah dilakukan di DPMPTSP Kabupaten Tangerang ini dapat lebih meningkatkan pelayanan perizinan yang prima kepada para pelaku usaha/bisnis sesuai dengan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Tangerang yaitu pelayanan publik berbasis IT (e-Goverment).(ADV)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya