Tentara Lebanon Kerahkan Helikopter Untuk Perangi Wabah Belalang

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 30 April 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Wabah belalang yang menyapu Timur Tengah telah mencapai Lebanon, mengancam lahan-lahan pertanian penting. PBB menyebut kejadian ini “sangat langka”.

Helikopter dikerahkan oleh militer Lebanon untuk menyemprotkan pestisida di seluruh wilayah Baalbek dan Ras Baalbek di bawah arahan Kementerian Pertanian setelah kawanan hama itu melintas melalui Yordania dan Suriah untuk mencapai negara tersebut dari Arab Saudi.

Video kawanan belalang diunggah di media sosial. Kementerian Pertanian Lebanon menyampaikan pihaknya berhasil membunuh sejumlah besar belalang sebelum mereka menyerang lahan pertanian yang luas di selatan Lebanon, walaupun masih ada ketakutan serangan belalang bisa mengancam sektor pertanian saat Lebanon berjuang mengatasi krisis politik dan ekonomi.

“Kami mengatur – dalam waktu singkat – untuk menghancurkan dalam jumlah besar, tapi beberapa melarikan diri dan masih ada (belalang) dalam jumlah besar, kebanyakan di wilayah Hermel di Marjaheen,” jelas penjabat Menteri Pertanian, Abbas Mortada kepada wartawan, dikutip dari Merdeka.com (29/04/2021).

FAO menggambarkan penyebaran belalang itu hal yang tidak biasa dan langka, mengaitkannya dengan angin selatan yang kencang dan suhu tinggi. Badan PBB ini meremehkan hama ini, mengatakan kawanan belalang itu tidak menunjukkan “invasi skala besar”.

Kawanan hama serangga merusak musim panen di negara tersebut pada 1915, memicu terjadinya tiga tahun krisis pangan yang dikenal sebagai Kelaparan Hebat. (Uli)