Telkomsel Makin Kebut Menuntaskan Peningkatan Jaringan 3G Ke 4G

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 26 April 2022

Indolinear.com, Jakarta – Implementasi Telkomsel untuk proses peningkatan/pengalihan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke jaringan 4G/LTE, dengan total lebih dari 49 ribu BTS 3G di 504 kota/kabupaten secara bertahap mulai Maret hingga akhir tahun ini, mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

“Kami dari Kementerian Kominfo menyambut baik rencana peningkatan (improvement) 3G menjadi 4G. Semoga langkah-langkah yang diambil Telkomsel ini selalu terukur dan terarah, serta terlihat dampaknya terhadap aktivitas sehari-hari masyarakat. Ini sebuah kesempatan bagi masyarakat untuk dapat menikmati layanan Telkomsel yang lebih baik,” kata Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Ismail di kantor Telkomsel, dilansir dari Merdeka.com (25/04/2022).

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh Kementerian Kominfo RI dengan mulai dilakukannya proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur pada tahun ini.

“Dukungan tersebut memberikan semangat tambahan bagi kami untuk memastikan seluruh rangkaian proses upgrade jaringan yang dilakukan dapat berjalan lancar dan tuntas, dengan tetap mengedepankan kenyamanan pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan dari Telkomsel sesuai dengan target hingga akhir tahun 2022,” terang dia.

Saat ini Telkomsel telah memasuki tahap pertama proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE. Pada tahap pertama ini, Telkomsel melakukan upgrade jaringan di 766 kecamatan yang berada di 90 kota/kabupaten selama Maret-Mei 2022.

Kecamatan di wilayah operasional Telkomsel Area Jawa Bali dan Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan) menjadi yang paling mendominasi untuk percepatan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE sepanjang Maret hingga Mei 2022. Sedangkan untuk tahap kedua akan dimulai pada Juni hingga Juli 2022 di 132 kota/kabupaten.

Tahap ketiga, upgrade layanan dilakukan di 178 kota/kabupaten pada Agustus hingga Oktober 2022, dan tahap keempat pada November-Desember 2022 di 104 kota/kabupaten. (Uli)