Telkom Bergerak Cepat Perbaiki Kabel Bawah Laut JaSuKa

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 6 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan sejak terjadinya gangguan kemarin malam, Telkom segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam.

Perlu diketahui, sempat terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak, mulai sekitar pukul 17.33 WIB pada Minggu (19/9/2021).

Hal ini berdampak pada penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband (Telkomsel dan IndiHome) di beberapa wilayah Indonesia. Setelah mengidentifikasi pusat gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

“Itu termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa, dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado,” ungkap Pujo, dilansir dari Merdeka.com (05/10/2021).

Kata Pujo, berkat kegigihan dan perjuangan para teknisi TelkomGroup, selang sekitar tiga jam sejak kejadian, jaringan TelkomGroup berangsur kembali normal.

Pujo menegaskan Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas luas di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan.  (Uli)