Tekan Angka Stunting Lewat Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun

from Pemkot Bogor
Selasa, 16 Oktober 2018
Bogor | Uploader puspita

Indolinear.com, Bogor – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bogor Yane Ardian membuka peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Posyandu Pitaloka RW 08, Kedung Halang, Bogor Utara, Senin (15/10/2018).

Dalam aktivitas itu, Yane dan kader PKK melakukan sosialisasi dan praktek 7 langkah mencuci tangan.

Yane mengungkapkan dipilihnya Posyandu Pitaloka sebagai lokasi peringatan hari CTPS sedunia karena lokasi ini merupakan Posyandu terbaik di Kota Bogor. Posyandu ini akan mewakili Kota Bogor di tingkat Provinsi Jawa Barat. Sehingga diharapkan masyarakat di Kelurahan Kedung Halang memiliki kesadaran yang tinggi dalam hal kesehatan.

“Ini hal sederhana namun banyak manfaatnya, terutama bagi kesehatan keluarga. Dengan gerakan CTPS ini diharapkan dapat menekan angka penyakit yang berkaitan dengan bakteri dan virus. Karena penyakit itu diawali dari tangan oleh karenanya kami ingin membiasakan masyarakat bahwa cuci tangan itu tidak hanya menggunakan air tetapi juga harus memakai sabun,” jelasnya.

Yane menegaskan, dalam mencuci tangan ada 7 langkah yang harus dipahami masyarakat. Oleh karena itu pada peringatan hari CTPS sedunia ini kita isi dengan menyanyikan 7 langkah cuci tangan sekaligus mempraktekannya kepada anak-anak.

Peringatan juga tidak hanya fokus pada mensosialisasikan CTPS namun Kota Bogor juga peduli terhadap penurunan angka stunting.

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai janin masih dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia dua tahun.

Peringatan hari CTPS diikuti sekitar 40 anak. Turut hadir pada kegiatan ini Camat Bogor Utara Atep Budiman, pengurus TP PKK Kota Bogor, ketua TP PKK Kecamatan se-Bogor Utara, Lurah Kedung Halang Rohman dan sejumlah perwakilan OPD terkait. (rls/pit)

%d blogger menyukai ini: