Teguhkan Kembali Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara

tribunnewscom/indolinear.com
Senin, 6 November 2017
loading...

Indolinear.com, Ciamis – Puti Guntur Soekarno ajak masyarakat Ciamis teguhkan untuk kembali Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara.

Menurut Anggota Komisi X DPR RI ini, dengan menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, maka negara kokoh berdiri pada sumbernya yaitu nilai budaya dan nilai-nilai religiusnya.

Demikian disampaikannya saat bertemu dengan masyarakat Ciamis.

“Pancasila sebagai bintang penuntun bangsa ini memberikan tujuan bagi pembangunan nasional Indonesia.  Semisal pembangunan yang berlandaskan pada kemandirian di bidang ekonomi,  berkepribadian pada bidang kebudayaan dan berdaulat dalam bidang politik, sehingga tidak mudah terombang ambingkan oleh kekuatan asing,” ujarnya.

Lebih jauh, Cucu Bung Karno ini mengatakan, saat ini bangsa kita dihadapkan pada darurat ideologi,  serta politik adu domba dilakukan pihak tertentu untuk melemahkan nilai kebangsaan Indonesia.

Maka kita, lanjutnya, harus terus mempelopori dan membina persatuan Indonesia, karena pada dasarnya bangsa kita memiliki karakter gotong royong.

“Karakter tersebut diyakini akan mampu memecahkan segala persoalan yang dihadapi oleh bangsa ini termasuk melawan anasir pemecah belah bangsa ini,” tuturnya

Lebih jauh, Puti menjelaskan bahwa dalam setiap aspek kehidupan kebangsaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan yang didasari oleh Pancasila akan bertumbuh kembang nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, dan kerakyatan dan keadilan. (Uli)