Tarik-ulur Perbaikan Jalan Taman Royal, Pemkot Tangerang Tunggu Putusan Pengadilan

FOTO: rahmat/indolinear.com
Rabu, 4 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Pengembang Perumahan Taman Royal, PT Cahaya Baru Raya Realty, tak kunjung merealisasikan perbaikan fasilitas umum berupa jalan di Taman Royal 1 maupun Taman Royal 3.

Pemerintah Kota Tangerang pun tak berdaya untuk mengambil alih perbaikan jalan di kawasan perumahan di Kecamatan Cipondoh itu. Pasalnya, belum ada serah terima aset dari pengembang ke pemerintah daerah.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku sudah berkonsultasi dengan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang untuk memecahkan persoalan tersebut. Tujuannya, agar masyarakat tidak dikorbankan.

Sejauh ini, kata Arief, tidak ada dasar hukum terkait pengambilalihan perbaikan jalan di Taman Royal 1 dan Taman Royal 3. Untuk itu, sejak dua tahun lalu dia memintai penduduk setempat agar mengajukan gugatan ke pengadilan.

“(Mengajukan gugatan) itu sebenarnya sudah saya minta dari dua tahun yang lalu ke masyarakat. Dia kan punya pengacara, cuma pengacaranya maunya somasi dan somasi,” ujar Arief kepada wartawan, Selasa (3/3/2020).

Dia mengaku telah menyampaikan kepada masyarakat bahwa somasi terus-menerus tidak akan membuahkan hasil, karena beberapa kali pengembang hanya bisa menjanjikan perbaikan fasilitas umum itu. Solusi utama yakni mengajukan gugatan ke pengadilan.

“Yang digugat itu meminta aset diserahkan ke pemerintah daerah. Kalau sudah diserahkan ke pemerintah daerah, baru kita bisa bangun. Jadi, kita menunggu putusan pengadilan,” tandas Arief.

Belum lama ini, lanjut dia, masyarakat sudah melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Tangerang. Arief menekankan, Pemerintah Kota Tangerang tidak bisa mengintervensi putusan hakim.

Kendati demikian, dia berharap hakim memutuskan agar aset tersebut diserahkan ke pemerintah daerah.

“Apakah (perusahaan pengembang) mau dipailit atau apa, ya kita enggak bisa intervensi hakim. Biar hukum yang berbicara,” ujar Arief.

Sekadar diketahui, pada 22 Januari 2020 lalu, pihak PT Cahaya Baru Raya Realty memenuhi panggilan Pemerintah Kota Tangerang dan berjanji segera memperbaiki jalan rusak di kawasan Taman Royal 1 dan Taman Royal 3.

“Alhamdulillah melalui pertemuan tersebut pihak pengembang menyatakan kesiapannya untuk memperbaiki jalan di Taman Royal,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang Tatang Sutisna.

Pernyataan kesiapan itu tertuang dalam surat yang ditandatangani Musyanif, pemilik PT Cahaya Baru Raya Realty, dengan disaksikan perwakilan Pemerintah Kota Tangerang dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang.

“Di dalam surat pernyataan tersebut mereka selambat-lambatnya akan mulai mengerjakan perbaikan Jalan Boulevard Taman Royal 1 dan 3 pada 12 Februari sampai dengan 15 Mei 2020, sedangkan untuk Jalan Cempaka selambat-lambatnya 12 Maret sampai dengan 12 Mei 2020,” tutur Tatang.(srh)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: