Tapo C200, Smart Camera Untuk Pantau Dan Komunikasi Dua Arah

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 11 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Masa pandemi Covid-19 cenderung membuat situasi lebih sulit. Keterbatasan untuk pergi ke luar kota menjadi kendala bagi mereka yang tinggal pisah dengan orang-orang tersayang. Anak yang tinggal jauh dari orang tua ingin bisa melepas rindu sekaligus memastikan orang tua aman di kampung halaman. Apalagi bila kondisi orang tua sedang sakit atau lemah secara fisik, sehingg perlu perhatian dengan memonitor keadaan mereka setiap saat.

Nah, keterbatasan seperti ini kini bisa diatasi dengan Tapo C200, smart Wi-Fi camera yang dapat difungsikan sebagai IP camera sekaligus alat untuk berkomunikasi dua arah.

“Dengan Tapo C200, kita bisa stand by memantau orang tua yang sedang sakit atau lemah secara fisik. Dengan fitur two way audio yang dapat digunakan dengan Tapo App, kita juga dapat bicara atau komunikasi langsung dua arah dengan orang tua atau di rumah atau di kampung halaman,” kata Yoshia, Marketing Manager TP-Link Indonesia, dalam rilisnya, dilansir dari Merdeka.com  (10/01/2022).

Dia menjelaskan, teknologi ini sangat membantu tanpa harus terpaku misalnya jika menggunakan layar handphone yang sangat terbatas dan merepotkan khususnya bagi orang tua yang sudah berumur. Sebab fitur voice controls Tapo C200 memungkinkan melakukan komunikasi dua arah melalui mikrofon dan speaker internal. Penggunanya tinggal bicara dari jauh melalui Tapo App di ponselnya, dan orangtua mendengar serta menjawab langsung tanpa kesulitan karena perangkat Tapo C200 yang sudah dipasang di ruangan.

Tapo C200 juga memiliki kualitas HD video yang dengan resolusi 1080p serta dengan night vision (penglihatan malam) sampai 30 ft atau lebih 9 meter.

Fitur tersebut sangat membantu untuk identifikasi dan pengenalan dari jauh. Gambar yang tajam ini sangat membantu anak atau anggota keluarga mengidenfikasi kondisi sekitar dengan tepat.

Menariknya, Tapo C200 dapat melakukan gerakan pan dan tilt atau kemampuan untuk memantau sekaligus berputar ke segala arah hingga 360 derajat horizontal dan 114 derajat vertikal. Sehingga dapat menjangkau wilayah luas. Selain itu, Tapo C200 juga dilengkapi dengan fitur pendeteksi gerakan yang otomatis memberi tahu Anda saat kamera mendeteksi gerakan.

“Tak hanya itu, kita juga bisa mengatur zona gerak untuk hanya menangkap apa yang terjadi di area yang dipilih,” ujarnya.

Kontrol suaranya dapat bekerja dengan Google Assistant dan Amazon Alexa yang dilengkapi mode privasi dan penyimpanan lokal. Kartu microSD menyimpan hingga 128 GB, setara dengan 384 jam (16 hari) rekaman. Sehingga penggunanya tidak hanya mengurangi pengeluaran pribadi untuk penyimpanan cloud, tapi juga merasa aman karena video disimpan dengan kecepatan tinggi di kartu lokal yang hanya dapat diakses oleh administrator perangkat.

Selain untuk memantau kondisi orang tua, perangkat ini juga dapat membantu memantau barang-barang berharga yang disimpang di rumah, hewan peliharaan atau tanaman berharga.

Tapo C200 bahkan sangat membantu merekam momen-momen yang tak terlupakan dan membagikannya ke media sosial. Kamera Tapo selalu ada untuk membantu merekam momen-momen yang tak terlupakan itu. (Uli)