Tanpa Minum Air, Ini Tiga Tips Mengatasi Cegukan Ketika Puasa

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 24 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ketika menjalani puasa di bulan Ramadan, tak dapat dipungkiri selalu ada saja kendala yang menghampiri. Satu di antaranya adalah cegukan, kondisi yang cukup mengganggu ibadah puasa.

Tenang saja, tanpa minum, Anda dapat menghilangkan cegukan yang sangat mengganggu. Langkah-langkah tersebut dapat membuat Anda menjalankan puasa dengan nyaman.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi cegukan saat puasa tanpa minum air? Fimela.com merangkum tiga tips seperti melansir dari Liputan6.com (22/10/2020) di bawah ini.

  1. Tahan Napas

Menahan napas jadi salah satu cara yang biasa dilakukan ketika sedang cegukan, begitu pula saat puasa. Anda dapat menahan napas kira-kira 10 detik, lalu embuskan napas perlahan. Tips ini disebut efektif menghilangkan cegukan. Selain itu, langkah ini juga membuat otak Anda semakin rileks.

  1. Menekuk Lutut

Cara kedua adalah Anda dapat menekuk lutut sembari mencondongkan tubuh ke depan seperti meringkuk. Lalu, Anda dapat menahan posisi tersebut selama kurang lebih 1-2 menit.

  1. Bernapas dalam kantung kertas

Cara ketiga, yakni bernapas dalam kantong kertas. Anda dapat menyiapkan kantong kertas kosong dan menempelkan bagian leher kantong di mulut dan hidung. Ambil napas dan embuskan perlahan-lahan. Anda juga bisa melakukannya dengan masker. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: