Tangsel Wacanakan Bangun Museum Kebudayaan dan Sejarah

sophie/indolinear.com
Senin, 6 November 2017
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Pemkot Tangsel mewacanakan membangun museum Kebudayaan dan Sejarah. Ini untuk memastikan kebudayaan dan sejarah masa lalu Kota Tangsel diketahui masyarakat luas.

“Tangsel memiliki seni dan budaya yang sangat luar biasa hasil dari akulturasi¬† masyarakat heterogen di Tangsel ini” kata Benyamin Davnie, Wakil Walikota Tangsel di Puspitek, Setu, Tangsel, Senin (6/11/17).

Pemkot kata Benyamin sedang dan telah melakukan upaya-upaya yang diharapkan akan dapat mendukung pelestarian Sejarah yang berciri kearifan lokal. Diantaranya, melakukan inventariasi situs, benda dan cagar yang ada Kota Tangerang Selatan.

“Selanjutnya inventarisasi itu dilestarikan melalui pembangunan Museum Lokal Kota Tangsel,” katanya sembari menjelaskan salah satu permasalahan utama pembangunan museum adalah keberadaan lahan yang memadai.

Kabid Pemberdayaan Dindikbud Tangsel, Iis Nur Asih mengatakan pihaknya telah melakukan FGD dengan budayawan dan guru.  Bahkan pihaknya telah mengambil kesimpulan bahwa untuk perencanaan pembangunan museum sejarah di Tangsel akan direalisasikan.

“Pendidik dari guru-guru sejarah sangat antusias dan menyetujui sekali hal ini. Nanti setelah ada wadahnya kita simpan benda-benda sejarah di museum. Hal ini sekaligus untuk menunjang destinasi wisata di Tangsel,” terangnya.(sophie/fin)