Tangani Sampah, Zaki Panggil Seluruh Lurah dan Kepala Desa

FOTO: indolinear.com
Selasa, 15 Januari 2019

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memanggil seluruh camat, lurah dan kepala desa, untuk mencari solusi penanganan sampah. Pasalnya, seluruh wilayah di Kabuapten Tangerang merupakan penyumbang terbesar pasokan sampah setiap harinya.

Seluruh camat, lurah dan kepala desa se Kabupaten Tangerang ini dikumpulkan di Pendopo Bupati, Senin (14/01/19). Tampak Hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, Saifullah.

Dihadapan ratusan camat.lurah dan kepala desa, Zaki menyampaikan volume sampah di Kabupaten Tangerang sudah 2.000 ton perhari. Masalah sampah ini sendiri sudah menjadi masalah besar di Kabupaten Tangerang dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat.

“Seminggu yang lalu saya bersama Walikota Tangerang dan Walikota Tangerang Selatan bertemu Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk sharing dalam menangani sampah di Tangerang Raya,” katanya.

Menurut Zaki, penanganan sampah ini memerlukan gerakan bersama, mulai dari dinas kecamatan, kelurahan dan desa. Penanganan bersama ini tidak hanya bagaimana mengangkut sampah dari wilayah ke TPA, melainkan bagaimana  memanfaatkan pengelolaan sampah disetiap lingkungan. Ini agar penanganan sampah dapat bisa diatasi bersama-sama.

“Saya juga menghimbau kepada semuanya Mulai dari bulan febuari akan di canangkan program Kurasaka (Kurangi sampah kantor kita) di setiap kantor serta di seluruh wilayah kabupaten Tangerang. Para pegawai agar dibolehkan membawa minuman dengan botol mineral kemasan dan bok-bok makanan. Ini  agar kita bisa menjadikan gaya hidup yang sehat dengan mengurangi sampah di setiap kantor yang ada di kabupaten Tangerang. Semoga dengan di canangkannya program-program ini dapat menjadikan wilayah di kabupaten tangerang dapat bersih dari sampah,” ucap Zaki.

Kepala Dinas lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang Saifullah mengatakan, rapat ini sengaja di selenggarakan agar bersama sama menangani masalah sampah ini.

“Penanganan sampah ini sesuai dengan program pak bupati yaitu Kiprah (kita peduli permasalahan sampah) saya harap program ini dapat di optimalkan dengan baik sehingga dapat menjadikan Tangerang lebih Gemilang,” katanya.(pde)