Tanda Yang Bakal Ditunjukkan Tubuh Ketika Tubuhmu Terlalu Banyak Kafein

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 20 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kebiasaan minum kopi merupakan sebuah hal yang biasa kita lakukan sehari-hari. Minuman ini kerap dikonsumsi di pagi hari untuk meningkatkan tenaga kita.

Konsumsi kopi di pagi hari biasa dilakukan untuk menyingkirkan rasa ngantuk agar tetap bersemangat menjalani hari.

“Kafein merupakan stimulan. Bagi sebagian besar orang, konsumsi dalam jumlah tepat bisa menyebabkan efek samping yang minim,” terang Sunitha Posina, MD, dokter penyakit dalam di Stony Brook, New York dilansir dari Merdeka.com (18/02/2021).

Batasan konsumsi dalam jumlah tepat ini adalah 1-2 cangkir sehari. Jika melakukannya secara berlebihan, bisa terdapat sejumlah dampak yang bakal terjadi pada tubuhmu.

Ketika seseorang mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan dalam satu hari, terdapat dampak yang bisa terjadi pada tubuhmu. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah tanda yang bakal ditunjukkan oleh tubuh ketika konsumsi terlalu banyak kafein.

  1. Masalah Pencernaan

Konsumsi terlalu banyak kafein bisa menstimulasi secara berlebih sistem saraf pusat sehingga terjadi keracunan kafein. Gejala dari masalah ini termasuk rasa lelah luar biasa, tegang, insomnia, detak jantung tak beraturan, serta masalah pencernaan.

“Kafein juga bisa memicu produksi gastrin yang meningkatkan pergerakan di dalam usus,” terang dr. Posina.

Hal ini tidak hanya menimbulkan rasa mual serta tak nyaman di perut saja. Kondisi ini juga bisa memicu terjadinya diare pada dirimu.

  1. Kecemasan

Kafein bisa menimbulkan serangan cemas dan membuatmu serasa terus terjaga karena mengadang adenosin, kandungan kimia di dalam tubuh yang membuatmu lelah. Konsumsi kopi terlalu banyak atau di malam hari bisa mempengaruhi tidurmu di malam hari.

Kurang tidur merupakan penyebab rasa gelisah serta uring-uringan di siang hari. Konsumsi kopi berlebihan bisa membuatmu menjadi merasa tidak enak dan tidak nyaman.

  1. Sakit Kepala

Kafein bisa menjadi obat sekaligus penyebab sakit kepala. Kandungan kafein biasa ditemukan di dalam obat sakit kepala dan migrain.

Kandungan kafein bisa mempengaruhi pembulih darah untuk meredakan sakit kepala. Walau begitu, kurangnya kafein ketika sudah kecanduan juga bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala.

  1. Kelelahan

Walau konsumsi kopi dimaksudkan untuk meningkatkan energimu, namun kopi juga bisa menyebabkan munculnya rasa lelah.

“Kamu akan merasa berenergi setelah mengonsumsi kafein, namun ketika efeknya telah menghilang, kamu bakal mengalami dampak ini yang membuatmu menjadi lebih lelah. Satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan terus minum kopi, namun jika kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tidur,” jelas dr. Posina.

  1. Kepala Melayang

Rasa gugup dan melayang bisa kamu alami usai konsumsi kopi. Hal ini terjadi akibat perubahan tekanan darah dan meningkatnya detak jantung.

Jika kamu merasa jantung berdetak lebih cepat, kamu benar-benar harus mengurangi konsumsi kopi. Namun kamu juga bisa saja mengalami gejala yang lebih tidak tampak seperti kepala melayang.

  1. Gejala Serupa Flu

Konsumsi kafein sepanjang hari bisa berujung pada terjadinya ketergantungan pada kafein. Hal ini menimbulkan dampak sebaliknya dari apa yang kamu harapkan terjadi usai mengonsumsi kafein.

Dampak dari hal ini bisa menimbulkan berbagai maam gejala yang tidak kamu harapkan. Kamu bisa merasa sangat terganggu, sakit kepala, serta gejala serupa flu seperti mual dan sakit di sekujur otot tubuh. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: