Tamu Kondangan Syok, Nama dan Nominal Amplop Dibacakan

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Kamis, 19 Mei 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Sebuah video acara pernikahan kembali viral di media sosial. Kali ini dibagikan akun Instagram @video_medsos.

Dalam video berdurasi 11 detik itu, terlihat suasana resepsi pernikahan yang kemungkinan digelar di halaman rumah.

Diundang ke Acara Hajatan di Desa, Kaget dengan Adat Saat Beri Angpao Pernikahan: Yang Bawa Amplop Kosong Tak Berkutik

Tampak bagian depan teras rumah dipasang dekorasi dan panggung pelaminan. Sementara tenda pernikahan dihias bunga dengan indahnya.

Tidak jauh dari panggung pelaminan tampak dua orang pria memakai pakaian batik dan berkopiah berdiri berdampingan.

Mereka memegang mikrofon sambil membaca tulisan di atas selembar kertas. Saat didengarkan, mereka rupanya membaca nama-nama orang yang memberikan angpao pernikahan.

Padahal, menurut adat kebiasaan yang ada, angpao pernikahan itu dimasukkan ke dalam kotak khusus saat datang di acara pernikahan, dilansir dari Dream.co.id (18/05/2022).

Kotak khusus tersebut biasanya ditaruh dekat meja penerima tamu atau panggung pelaminan. Para tamu akan memasukkan angpao pernikahan ke kotak itu setelah mengisi buku tamu.

Namun tidak demikian yang terlihat dalam video tersebut. Nama-nama orang yang memberi angpao langsung dibacakan saat acara masih berlangsung.

Tidak itu saja, kedua pria yang bertugas membaca nama orang yang memberi angpao juga menyebutkan nominalnya sekalian.

Adat memberi angpao pernikahan yang lain dari biasanya itu sempat membuat dua orang gadis cantik yang jadi tamu terkejut.

Mereka tak menyangka amplop berisi angpao pernikahan itu langsung dibuka di muka umum sebelum dibaca nama dan jumlah uangnya sekalian.

” Bacain nama sama nominal isi amplop. Kaget baru lihat adat kayak gini,” kata gadis dalam video tersebut.

Padahal menghitung angpao pernikahan itu biasanya setelah acara selesai dan dilakukan oleh keluarga dekat. Itu pun dilakukan saat malam hari bersama dengan pasangan pengantin.

Video bacakan nama sekaligus sebutkan nominal yang memberikan angpao pernikahan ini pun viral dan mengundang komentar netizen.

Banyak yang justru menyindir adat seperti itu karena bisa saja mempermalukan tamu yang hanya memberi uang sedikit di amplop.

Meski ada juga yang mendukung karena banyak kasus orang kasih amplop kosong atau bahkan cuma memasukkan tisu ke dalamnya.

” Kayanya kurang sopan deh, kalo langsung dibacain di situ.”

” Baguslah biar gak ada yg kosong numpang makan doang.”

” Nggak usah didatengin hajatan kayak gini ๐Ÿ˜‚.”

” Yang ngasih 20rb ketar ketir nih.. ๐Ÿ˜‚.”

” Ngapain buat acara nikah๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, mending buka rumah makan aja sekalian kalau mau cari untung๐Ÿ˜‚.”

” Itu warung makan, hiburannya kondangan ๐Ÿ˜. Mungkin modalnya ngutang.” (Uli)

loading...