Tak Ada Bendera Rusia Di Olimpiade Tokyo 2020, Kenapa?

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Senin, 12 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Olimpiade merupakan pesta olahraga tertinggi yang terbuka bagi setiap atlet dari negara di dunia, berdasarkan kuota di setiap cabang dan kategori perlombaan yang digelar.

Identitas setiap negara asal dari atlet peserta pun ditampilkan dalam upacara pembukaan, berupa bendera kebangsaan ataupun melalui kostum seragam.

Namun, jelang Olimpiade Tokyo 2020 salah satu negara tidak mendapatkan hak untuk mengibarkan benderanya di berbagai perlombaan, yaitu Rusia.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) memberikan sanksi penggunaan nama penyebutan negara, bendera, hingga lagu kebangsaan Rusia pada Olimpiade Tokyo 2020 serta Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Adapun sanksi itu, muncul setelah adanya ketetapan dari Sidang Arbitrasi Olahraga Dunia atas temuan campur tangan pemerintah atas pengujian doping oleh Agen Anti-Doping Dunia (WADA).

Sanksi larangan penggunaan atribut berupa nama, bendera, maupun nyanyian kebangsaan itu lebih rendah dari tuntutan semula yakni hingga Olimpiade 2024 di Perancis.

Untuk menggantikan nama serta bendera yang menjadi identitas para atlet Rusia selama Olimpiade 2020, IOC sudah memiliki solusi tersendiri, dilansir dari Kompas.com (11/07/2021).

Nantinya, para atlet berkebangsaan Rusia akan turun bertanding sebagai anggota tim ROC, singkatan dari Komite Olimpiade Rusia.

Sebutan itu dinilai cukup netral oleh IOC, WADA, dan tidak menyalahi ketentuan hasil Sidang Arbitrase Olahraga Internasional.

Belum ada kesepakatan mengenai musik pengganti lagu kebangsaan Rusia yang akan digunakan pada Olimpiade 2020.

Presiden ROC, Stanislav Pozdnyakov, menyebut pihaknya sedang menyusun proposal lengkap mengenai atribut sementara para atlet asal Rusia sebelum berangkat menuju Tokyo.

Keputusan larangan pengibaran bendera Rusia sesuai keputusan Sidang Arbitrase Olahraga Internasional sebelumnya telah mempengaruhi kiprah atlet negara tersebut di ajang lain.

Misalnya, terhadap kiprah pebalap Formula 1 tim Haas, Nikita Mazepin, selama berlomba dalam musim kompetisi 2021.

Dalam klasifikasi pebalap, klasemen, maupun rilis resmi Formula 1, Mazepin disebut berlomba di bawah Federasi Olahraga Otomotif Rusia (RAF).

Begitu juga dengan atlet olahraga lain seperti ski yang tampil di kejuaraan dunia memakai label Asosiasi Ski Rusia (RSA). (Uli)