Tahukah Kamu, Mobil Pernah Mendarat Di Bulan 50 Tahun Lalu

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 5 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Setengah abad yang lalu, seorang astronot pernah membawa mobil sangat jauh dari jalan raya dari yang pernah ada sebelumnya. Dan hanya dua mobil lain yang berhasil melakukan hal yang sama.

Melansir dari Liputan6.com (03/08/2021), hal ini adalah penjelajahan bulan oleh NASA, dan seperti yang dicatat oleh The New York Times dalam sebuah cerita tentang perayaannya. Hal ini, adalah prestasi rekayasa yang mengesankan, dan memungkinkan lebih banyak eksplorasi ilmiah dari yang mungkin dilakukan hanya dengan berjalan di permukaan.

Mobil listrik dua kursi ini dikembangkan sebagian oleh General Motors dan Boeing, dan harus memiliki berat di bawah 500 pound dan membawa 1.200 pound.

Proyek tersebut disetujui beberapa bulan sebelum Apollo 11 diluncurkan, dan kedua perusahaan mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya dan akhirnya melebihi anggaran.

Penjelajahan juga harus naik ke bulan, dengan dilipat agar muat di dalam kargo 16 kaki kubi pada tahap penurunan modul bulan.

Penjelajah tentu saja telah selesai, dan tiga contoh masing-masing mencapai bulan dengan Apollo 15, 16 dan 17. Menurut NASA, itu didorong sekitar 17 mil , yang akan memakan waktu cukup lama karena rover memiliki kecepatan tertinggi 8,7 mph.

Dua Perjalanan

Sedangkan dua perjalanan jumlah jarak tempuh masing-masing 16,5 dan 22 mil. The Times mencatat, rover itu tidak pernah diambil lebih jauh dari para astronot bisa berjalan, meskipun, hanya dalam kasus sesuatu yang tidak beres.

Pada perjalanan pertama itu, mobil ini mengangkut 170 pound sampel batuan. Kemudian, ditambahkan sampel yang diambil pada dua misi berikutnya, dan total yang dikumpulkan adalah 622 pound. (Uli)