SYM Merilis Joymax Z300, Persaingan di Segmen Skutik Bongsor Makin Sengit

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 17 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Persaingan skutik bongsor sepertinya bakal semakin sengit. Pasalnya Sanyang Motor (SYM) baru-baru ini merilis Joymax Z300. Skutik dengan perawakan besar ini bisa menjadi pesaing Yamaha XMax di pasar global.

Seberapa menarik perbekalan produk asal Taiwan? Impresi kami langsung tertuju pada tampilannya. Tak bisa dibilang sama seperti generasi pendahulu, pasalnya SYM Joymax Z300 kini jauh lebih modern.

Apalagi kalau bukan terkait sematan sepasang lampu utama yang jauh agresif.

Bukan cuma bentuk, penegasan pun digoreskan melalui sematan DRL (daytime running light) sebagai padu padan penerangan utama LED.

Menariknya, wajah Joymax Z300 justru kelihatan mirip Yamaha XMax. Memang tak ada lampu mungil diantara headlight-nya, tapi beberapa detil semisal ‘bibir’ di bawah lampu jua diaplikasi pihak SYM.

Lalu cover bodi depan yang serasa punya tarikan serupa. Kendati begitu, Joymax punya bentukan tebeng mirip kepunyaan Yamaha NMax. Apalagi dengan bentuk lampu sein yang demikian.

Sejatinya, bagian itu pula yang berubah dari SYM Joymax Z300i di mana sebelumnya sinyal tersebut sejajar lampu utama. Termasuk pula wujud windshield, dilansir dari Liputan6.com (15/09/2020).

Dibanding Joymax lawas, penahan angin ini merupakan wujud penyelarasan SYM terhadap wajah anyar Joymax. Selain itu, item ini juga dapat disetel secara elektrik. Pun demikian pada panel meter.

Kombinasi indikator analog-digital memang masih dipertahankan. Hanya saja penyajiannya sekarang lebih atraktif, terutama jika menyoroti area multi information display (MID).

Fitur Lainnya

Untuk kemudi, tetap mengandalkan bentuk sebelumnya – setang menekuk, demi menunjang pengendaraan yang rileks. Tak cuma itu, seperti disebut oleh Motosaigon, ubahan Joymax Z300 juga menyasar ke area tempat duduk.

Khusus pengemudi, ketinggian jok dibuat 747 mm, disesuaikan untuk motoris pasar Asia. Mengenai desain, tetap dibuat bertingkat. Namun sandaran jok depan lebih tebal dari sebelumnya.

Sayang, tak ada penjelasan soal ubahan di buritan. Meski besar kemungkinan dia juga sudah mengaplikasi jenis lampu hemat daya.

Diungkapkan pula bahwa kebaruan SYM Joymax Z300 terletak pada sistem kunci. Tak lagi menggunakan penguncian konvensional – kunci berpengaman magnet, kini dirinya memakai sistem keyless layaknya XMax.

Sedangkan sumber untuk mengisi ulang daya gawai tetap bersemayam di konsol boks – berlokasi di bawah kemudi sebelah kanan. Ketersediaan fitur ini penting guna menunjang kebutuhan pengendara yang gemar lakoni perjalanan jauh.

Termasuk pula daya tampung tangki bahan bakar 12 liter. Lalu kapabilitas barang bawaan superluas.

Performa

Seperti edisi pandahulu, bagasi Joymax Z300 dapat menelan dua buah helm sekaligus. Pengoperasiannya pun memudahkan si pemilik karena menggunakan sistem hidrolik.

Informasi dari sumber serupa menyebut SYM Joymax Z300 menggendong mesin satu silinder berkubikasi 278 cc. Torehan daya maksimal dikatakannya mencapai 24,1 Hp/8.000 rpm.

Momen puntir tertinggi adalah 24 Nm di sejak putaran mesin 6.500 rpm. Jika menilik capaian Joymax sebelumnya, ada revisi – penurunan daya hampir 2 daya kuda.

Kalau diadu dengan Yamaha XMax 300, dia Joymax Z300 kalah sedikit. Begitu pula mengenai kelengkapan fitur lain. Sebagai contoh bekalan sistem keselamatan. Xmax disemati rem ABS disertai kontrol traksi (Traction Control System.

Sementara Joymax Z300 hanya rem dengan sensor saja. Namun perlu dikonfirmasi saat produk ini benar-benar sudah dirilis resmi. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: